• Berita Terkini

    Thursday, March 30, 2017

    Said Romadhon Jabat Sekda Purworejo

    ILUSTRASI
    PURWOREJO- Dari tiga orang calon Sekretaris Daerah (Sekda) yakni Said Romadhon, Sukmo Widi Harwanto, dan Akhmad Kasinu, Bupati memilih Said Romadhon menjadi pendampingnya untuk lima tahun kedepan. Pengambilan Sumpah dan Pelantikan dilakukan langsung oleh Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM di Pendopo Kabupaten Purworejo, Kamis siang (30/3).

    Pada kesempatan itu juga dilakukan serah terima Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Purworejo, dari pejabat lama Drs R Achmad Kurniawan Kadir Mpa kepada pejabat baru. Hadir menyaksikan pelantikan, Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekda Provinsi Jawa Tengah, Wakil Bupati Purworejo, FKPD, Pimpinan DPRD Purworejo, Staf ahili dan asisten sekda, serta Kepala OPD dan Camat se Kabupaten Purworejo.

    Sebelumnya Said Romadhon menjabat sebagai Kepala Bappeda Kabupaten Purworejo. Said Romadhon mengaku siap bekerja menjalan tugas sebagai Sekda Purworejo, mulai besok, Jumat (31/03). Said juga mengaku baru tahu jika terpilih menjadi sekda setelah hadir dalam pelantikan itu. "Saya mulai bekerja besok pagi, sesuai yang diamanatkan oleh Pak Bupati untuk menjalankan fungsi Sekda di Purworejo. Kita tinggal melakukan percepatan pemerintahan kita. Karena suluruh program kan sudah ditetapkan. Prioritas pada prioritas Pak Bupati sesuai dengan visi misinya,” katanya.

    Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekda Provinsi Jawa Tengah, Eddy Djoko Pramono SH MH MT yang hadir mewakili mewakili Gubernur Jawa tengah mengatakan, banyak pekerjaan rumah yang dihadapi pejabat Sekda baru. Diantaranya pengentasan kemiskinan dan pengangguran.

    "Kami titip banyak tugas yang menjadi PR kita. Diantaranya adalah pengentasan kemiskinan dan pengangguran. Juga pelayanan yang prima kepada masyarakat diharapkan," kata Eddy.

    Sementara itu, Bupati dalam sambutannya, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, terutama kepada enam orang JPT (jabatan pimpinan tinggi) yang telah mengikuti secara aktif proses seleksi terbuka Sekretaris Daerah. Menurut Bupati, keenam orang tersebut merupakan putra-putra terbaik Kabupaten Purworejo, yang kemampuan leadership, manajerial maupun intelektualitasnya tidak perlu diragukan lagi.

    Namun, tambah Bupati, karena dalam sebuah kompetisi harus dipilih salah satu yang terbaik, bagi yang belum berhasil hendaknya tidak merasa kecewa dan patah semangat. “Kepada para peserta seleksi yang belum berhasil, saya harapkan untuk bersikap legowo dan bersama-sama memberikan dukungan kepada Saudara Said Romadhon yang akhirnya terpilih sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Purworejo,” tandasnya.

    Lebih jauh Bupati mengatakan, pelantikan Sekretaris Daerah, menandai akhir dari sebuah proses panjang yang diselenggarakan pemerintah daerah, melalui seleksi terbuka oleh Panitia Seleksi yang independen dan profesional tanpa intervensi dari siapapun.

    Bupati menyampaikan terima kasih kepada Panitia Seleksi yang diketuai Bapak Drs Ibnu Subiyanto Akt, yang telah bekerja keras dengan memegang teguh prinsip-prinsip profesionalisme, independensi dan transparansi. Sehingga hasilnya benar-benar memiliki akseptabilitas yang tinggi. Kepada Pajabat Sekda Sebelumnya, Drs R Achmad Kurniawan Kadir MPA, Bupati juga menyampaikan apresiasinya, karena telah bekerja dengan penuh dedikasi sebagai Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kabupaten Purworejo.

    Bupati manambahkan, Sekretaris Daerah harus bisa menjadi sosok yang memiliki seluruh sifat yang diharapkan ada pada diri pejabat. Sebagai komandan dalam birokrasi, Sekretaris Daerah harus mampu menunjukkan kepemimpinanya tidak hanya secara teknokratik saja, melainkan harus menunjukkan integritas yang tinggi.“Saya berharap, hasil dari proses panjang ini dapat memenuhi ekspektasi masyarakat, yaitu terpilihnya pejabat dengan kualifikasi terbaik dari yang terbaik, ” ujarnya. (ndi)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top