• Berita Terkini

    Thursday, March 16, 2017

    Ratusan Anak dari 11 Lembaga Pendidikan Ikuti Jalan Sehat

    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Suasana Kantor Kelurahan Tamanwinangun Kecamatan Kebumen, tampak berbeda dari bisanya. Rabu (15/3/2017) pagi, ratusan anak-anak  memadati halaman Kantor Kelurahan tersebut. Ya, hari itu siswa dari 11 lembaga pendidikan anak se Gugus Cut Mutia Kelurahan Tamanwinangun mengikuti acara Jalan Gembira.

    Adapun 11 lembaga pendidikan tersebut terdiri dari, empat Taman Kanak-kanan (TK), dua Kelompok Belajar (KB), Satu Tempat Penitipan Anak (TPA) dan empat Pos Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).  Kegiatan dilaksanakan guna meningkatkan kemandirian siswa.

    Acara tersebut juga dihadiri oleh penilik PAUD dari UPTD Dinas Pendidikan Kebumen Nurul Hayatun SPd.

    Ketua Panitia Pelaksana Isroyati  mengatakan, Jalan  Gembira dilaksanakan dengan menempuh perjalanan sejauh 2 kilometer. Jumlah peserta yang mengikuti jalan gembira mencapai 600 orang. hal itu terdiri dari 360 peserta dari 11 lembaga pendidikan dan sisanya merupakan wali murid. “Adanya kegiatan ini juga dimaksudkan agar anak mampu bersosialisasi lintas lembaga pendidikan,” tuturnya yang juga merupakan Bunda dari Kelompok Bermain Al Ikhtihad.

    Pihaknya menjelaskan, program jalan gembira telah menjadi agenda tahunan. Dalam acara tersebut beberapa siswa yang berani tampil di atas panggung akan mendapatkan bingkisan menarik.  Keberanian siswa untuk tampil di panggung menjadi kebanggaan tersendiri bagi guru maupun orang tuanya. “Ini sangat mendidik, anak-anak tampak ceria dan penuh suka cita,” paparnya.

    Pada kesempatan itu, saat beberapa anak memang tampil di atas panggung. Beberapa dari mereka unjuk kebolehan dengan bernyanyi, menghafal Pancasila hingga doa sehari-hari dan hafalan surat-surat pendek dalam Al-Quran. Anak-anak tampak sangat percaya diri saat melantunkan beberapa surat-surat pendek .

    Penilik PAUD  Nurul Hayatun SPd menyampikan, semua program kegiatan Gugus Cut Mutia Kelurahan Tamanwinangun telah dikoordinasikan dengan penilik. Pihaknya pun menyambut positif kegiatan tersebut. “Setiap kegiatan positif untuk perkembangan anak tentunya akan kami dukung,” tuturnya disela-sela acara.

    Sementara itu salah satu Bunda PAUD Kelurahan Tamanwinangun  Hj Eti Komariah MAg mengatakan, usia anak merupakan usia emas. Karakter dan perkembangan manusia terbentuk pada masa-masa usia emas itu. Maka dari itu para Bunda PAUD, harus sabar dan penuh kasih sayang saat mendidik para siswanya. “Kami tengah menyiapkan  kado untuk HUT RI ke 100, dimana anak-anak inilah yang nanti akan memegang tongkat estafet kepemimpinan bangsa,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top