• Berita Terkini

    Saturday, March 11, 2017

    Puluhan Peserta "Resik-resik" Taman Makam Pahlawan Kebumen

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Sebagai upaya mengingatkan kembali keteladanan para pahlawan, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) melaksanakan bakti sosial bersih-bersih taman makam pahlawan (TMP) Bumi Wira Bhakti  Kebumen. Tak kurang dari 60 orang terdiri dari   TKSK, Taruna Siaga Bencana (Tagana), Unit Pelayanan Terpadu Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (UPTP2K) Kebumen dan Dinas Sosial dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kebumen mengikuti kegiatan tersebut.


    Humas Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Ahmad Junaidi menyampaikan, generasi saat ini atau tepatnya pasca tahun 1945, sebenarnya mempunyai tugas mengisi kemerdekaan dengan  hal-hal yang positif. Para pahlawan dan Founding Fathers bangsa telah berhasil melepaskan Indonesia dari belenggu jeratan penjajah.

    Sebagai bentuk syukur dan terima kasih kepada para pahlawan, menjadi hal wajib bagi generasi saat ini untuk terus membangun bangsa. Adanya tindak penyelewengan yang tidak sesuai dengan aturan, salah satunya disebabkan karena kurangnya penghayatan tentang perjuangan para pahlawan.

    "Untuk itu refleksi dan meneladani jasa para pahlawan menjadi hal yang penting untuk dilakukan oleh generasi saat ini. Dengan selalu mengingat jasa para pahlawan, maka masyarakat dapat memahami betapa pentingnya arti sebuah kemerdekaan," kata Ahmad Junaidi, di sela-sela membersihkan Taman Makam Pahlawan Bumi Wira Bhakti  Kebumen, Jumat (10/3/2017).


    Pada kesempatan tersebut Ahmad Junaidi,  adanya prahara yang menimpa kabupaten berselogan Beriman baru-baru ini, salah satunya juga disebabkan oleh kurangnya meneladani perjuangan para pahlawan. “Jika generasi saat ini mengetahui dan dapat merasakan pahit getir dan susahnya perjuangan para pahlawan, maka tidak mungkin  akan tega berbuat sesuka hati, apalagi sampai melakukan korupsi,” tuturnya.

    Untuk merebut kemerdekaan, lanjutnya, para pahlawan rela mengorbankan semuanya, baik itu harta benda, hingga jiwa dan raga. Pengorbanan yang dilakukan oleh para pahlawan semata-mata agar rakyat Indonesia dapat hidup dengan makmur sejahtera.

    Hal senada juga disampaikan oleh Kabid Penanganan Kemiskinan dan Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berecana Kebumen Tri Mujianto SSos MSI, saat ini pihaknya tengah mengajukan program rehab pagar Taman Makam Pahlawan Bumi Wira Bhakti ke pusat. Pasalnya keberadaan taman makam pahlawan tersebut dibawah naungan Dinas Sosial. “Selain kepedulian akan kondisi fisik makam,  diharapkan masyarakat juga mampu meneladani jasa para pahlawan,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top