• Berita Terkini

    Friday, March 31, 2017

    Peredaran Narkoba di Lapas Masih Menjadi Sorotan

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Maraknya peredaran narkoba di lembaga pemasyarakatan hingga kini masih menjadi sorotan, baik oleh pemerintah, aparat penegak hukum maupun Badan Narkotika Nasional (BNN).  Pasalnya,  meski terlihat terisolir, namun beberapa fakta mengemukakan bahwa barang haram tersebut masih saja ditemukan di dalam penjara.

    Untuk itulah, aparat penegak hukum dan BNN kerap melakukan razia di dalam lapas. Razia dilaksanakan guna mencegah maraknya peredaran narkoba di dalam penjara. Selain razia, tes urine dan pemeriksaan mata untuk para narapida juga terus dilakukan. Dengan tes dan pemeriksaan akan diketahui  siapa saja yang menggunakan narkotika.

    Menanggapi hal itu, Kepala Rutan Kebumen (Karutan) Soetopo Berutu Amd IP SSos MS menegaskan, meski pun terdapat narapidana kasus narkoba, tetapi  di Rutan Kebumen tidak ada peredaran narkoba . “Saya yakin 100 persen di Rutan Kebumen tidak ada peredaran narkoba,” tuturnya, pada acara Apel Siaga yang dilaksanakan untuk memperingati  Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-53 tahun 2017, Jumat (31/3/2017) di lapangan Rutan Kebumen.

    Apel siaga, dilaksanakan secara serempak di seluruh rumah tahanan se Indonesia. Adapun untuk apel siaga yang dilaksanakan Lapas Narkoba Cipinang Jakarta  dipimpin langsung Menteri Hukum dan HAM Yasona H Laoli.


    Dalam apel tersebut, Seotopo Berutu juga membacakan sambutan dari Menteri Hukum dan HAM RI yang berisi pesan untuk meningkatkan keamanan rutan. Petugas lapas juga diminta untuk selalu mencegah terjadinya penyelundupan narkoba dan menghindari pelayanan pungli. “Terdapat sembilnan titik rawan penyelundupan narkoba. Adapun sembilan titik tersebut diantaranya melalui kunjungan keluarga, petugas, bahan makanan yang masuk, pelemparan melalui tembok dan hewan pemeliharaan," terangnya.

    Dijelaskannya, selama ini pihak Rutan Kebumen juga rutin melaksanakan razia. Meski razia terus dilakukan, namun tidak pernah ditemukan adanya narkoba. Maka dari itu pihaknya berani memastikan tidak ada peredaran narkoba di Rutan Kebumen.  “Dengan adanya razia rutin, pembinaan mental secara berkala,  dan melaksanakan beberapa kegiatan positif,  membuat kondisi Rutan Kebumen lebih terarah dan baik,” ucapnya.

    Usai Apel Siaga, acara dilanjutkan melaksanakan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Rutan Kebumen dengan beberapa OPD terkait seperti Kodim 0709, Polres, Satpol PP, Dinas Kesehatan, dan BPBD Kebumen. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top