• Berita Terkini

    Friday, March 3, 2017

    Perangkat Desa dan Ibu PKK Ikuti Pelatihan Komputer dan Website

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Berkembang pesatnya informasi dan teknologi (IT
    ), harus dibarengi dengan peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM). Untuk itu Dinas Komunikasi dan informasi (Diskominfo) Kabupaten Kebumen menggelar pelatihan komputer dan website.

    Pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tersebut dilaksanakan secara bertahap di 50 desa. Pelaksanaan pelatihan, diawal di Desa Muktisari Kecamatan Kebumen, yang bertempat di balai desa setempat, Kamis (2/3/2017) dan dijadwalkan berlangsung hingga Bulan November 2017 mendatang.


    Plt Kepala Diskominfo Kebumen Cokro Aminoto SIP Mkes melalui Kabid Pengelolaan Data  Risson P.S SSos mengatakan, setiap pelatihan diikuti oleh 10 peserta.  Adapun peserta berasal dari perangkat desa, TP PKK desa dan organisasi kemasyarakatan yang berada di desa terkait.

    “Dengan adanya pelatihan maka akan meningkatkan ketrampilan di bidang komputer. Hal ini sangat penting demi kelancaran pelaksanaan administrasi desa,” tuturnya, sembari menambahkan, pelatihan tersebut merupakan bagian dari  program Diskominfo tahun 2017


    Pelatihan yang dilaksanakan di Desa Muktisari, menghadirkan narasumber salah satu staff Diskominfo Nanang Aris SKom. Pada pelatihan tersebut peserta di beri pengetahuan tentang mengoperasikan komputer, membuat kop surat dan lain sebagainya. Selain itu peserta juga diberi pemahaman tentang membuka website dan berbagai layanan lainnya.

    Kepala Desa Muktisari Edi Purwanto Amd menyambut baik adanya program pelatihan tersebut. Menurutnya dengan adanya pelatihan akan sangat membantu pihak pemerintah desa khususnya dalam bidang administrasi. “Saat ini semua administrasi desa, telah menuntut perangkat untuk menggunakan komputer . Adanya pelatihan sangat membantu pemerintah desa,” paparnya.

    Menurutnya, saat ini telah terdapat sistem informasi desa (SID). Adanya sistem tersebut menuntut pemerintah desa untuk mempublikasikan informasi yang ada di desa. Hal itu, untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi. “SID juga berbasis komputer, jika tidak dapat mengoperasikan komputer, tentunya tidak dapat mengelola SID,” terangnya.

    Edi Purwanto menambahkan, saat ini semua sistem yang dibangun sudah bagus. Beberapa hal yang perlu ditingkatkan yakni manusianya. Pesatnya perkembangan zaman menuntut manusia untuk mampu beradaptasi. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top