• Berita Terkini

    Friday, March 17, 2017

    Pencipta Lagu di Buayan ini Keluhkan Dukungan Pemerintah

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Dukungan Pemerintah Kabupaten Kebumen terhadap seniman dirasakan masih minim oleh Ahmad Anyes (51) warga RT 2 RW 4 Dukung Congot Desa Rogodadi Kecamatan Buayan. Padahal Seniman yang berhasil merampungkan 108 lagu yang terbingkai dalam 12 album itu, turut serta mempromosikan wisata Kebumen.

    Minimnya dukungan Pemerintah Kebumen dirasakannya betul saat pemilik nama asli Ahmad Kisworo hendak mendaftarkan karyanya ke Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Kala itu HKI dapat memberikan keringanan 50 persen dari biaya seharusnya, asalkan Ahmad Anyes mendapatkan surat keterangan dari Dinas UMKM.

    Sayangnya kala itu Dinas Koperasi dan UMKM Kebumen, tidak mengurusi soal lagu. Ahmad Anyes akhirnya menghubungi Dinas Pariwisata dan berhasil mendapatkan surat keterangan. Sayangnya lagi, HKI sendiri tidak dapat menerima surat dari Dinas Pariwisata untuk meringankan biaya. Pasalnyayang dapat meringankan biaya adalah surat keterangan dari Dinas UMKM. "Alhasil saya pun harus membayar penuh biaya HKI,” tuturnya, Jumat (17/3/2017) saat ditemui Ekspres di rumahnya.

    Minimnya dukungan pemerintah kepada seniman putra daerah yang berhasil menciptakan 108 lagu memang cukup ironis, mengingat saat Kebumen dipimpin oleh Bupati H Buyar Winarso SE, sangat getol mendukung putra daerah yang menjadi kontestan Indonesian Idol 2012. Bahkan kala itu seluruh mobil dinas pejabat termasuk camat akan dilabeli (branding) dengan stiker Yoda.

    Ayah empat anak itu menjelaskan, setiap album yang dibuatnya terdiri dari 9-12 lagu dengan aliran musik yang berbeda-beda. Dalam satu album terdapat karakter musik keroncong, pop, dangdut, campur sari, rege, cauntry, Jawa, calung, religi, akustik  dan remix. “Sejak Februari 2017 lalu, telah terdapat 24 lagu lengkap dengan video klipnya yang dapat ditonton di YouTube. Sementara lagu-lagu lainnya masih dalam format MP3,” paparnya.

    Pria kelahiran 7 September 1967 itu menuturkan video klip lagunya, mayoritas mengambil tempat-tempat di objek pariwisata yang berada di Kabupaten Kebumen. Itu juga dimaksudkan untuk turut serta mempromosikan wisata Kebumen kepada khalayak ramai. “Dua belas album tersebut saya ciptakan dan nyanyikan sendiri. Adapun iringan musiknya dengan aransemen Samasta Intertainment dan diproduksi oleh Samasta Record,” ucapnya, sembari menambahkan salah satu lagu ciptaan itu, berjudul “Kebumen Beriman”. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top