• Berita Terkini

    Monday, March 27, 2017

    Pasar Kliwon Kudus Dijadikan Objek Wisata Belanja

    DONNY SETYAWAN/RADAR KUDUS
    KUDUS – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kudus bakal menjadikan Pasar Kliwon sebagai objek wisata belanja. Sejauh ini sudah dilakukan survei dan memenuhi syarat untuk dikunjungi wisatawan.

    Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Disbudpar Kudus Yuli Kasiyanto. Dia menilai, Pasar Kliwon sekelas Pasar Tanah Abang di Jakarta, terkenal hingga luar Jawa terkait konveksinya, baik grosir maupun eceran. Inilah yang bakal dimanfaatkan supaya orang yang berwisata ke Kudus bisa mampir ke Pasar Kliwon.

    ”Saya sudah meninjau Pasar Kliwon. Memang masih banyak yang perlu diperbaiki supaya wisatawan masuk ke pasar merasa nyaman, terutama terkait fasilitas dan kebersihan,” ungkapnya. Dia mengatakan sudah ada koordinasi dengan Dinas Perdagangan Kudus.

    Selain itu, ujar Yuli, pelayanan kepada konsumen pun menjadi hal penting. ’’Pedagang harus membiasakan diri menerapkan prinsip 3S, senyum, salam, dan sapa terhadap pengunjung,” katanya.

    Masukan lainnya yakni soal peta pasar atau papan penunjuk jalan masuk dan keluar pasar agar tidak membingungkan pengunjung karena lokasinya yang cukup luas.
    Untuk merealisasikan Pasar Kliwon sebagai wisata belanja, Disbudpar akan turut mempromosikan wisata belanja setiap mengikuti promosi wisata dan menampilkan dalam website.

    Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Kudus Sudiharti menambahkan, sarana dan prasarana yang ada di Pasar Kliwon saat ini cukup lengkap, termasuk tersedia eskalator di pintu masuk pasar.

    ”Fasilitas yang perlu disediakan untuk menyambut wisatawan, terutama ketersediaan tempat parkir yang luas dan mampu menampung bus-bus pariwisata berukuran besar,” terangnya.

    Saat ini, kata dia, jumlah pedagang di Pasar Kliwon yang menempati lahan seluas 13.300 meter persegi itu, baik di lantai I dan II mencapai 2.847 orang. (san/aji)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top