• Berita Terkini

    Sunday, March 12, 2017

    Misterius, Mobil dan Motor Lengkap dengan Sesaji Dilarung ke Laut

    M Dhia Thufail
    BATANG – Tidak tahu arah dan tujuannya, Jum'at (10/3) sekira pukul 20.00 malam, terlihat sekawanan orang tengah mencoba mendorong satu buah mobil dan satu buah sepeda motor kedalam muara sungai pelabuhan Batang. Tak pelak, mobil mini bus jenis Honda Brio Satya berwarna Hitam dengan nopol L 1553 TB serta sepeda motor jenis Yamaha Mio Soul GT dengan nopol H 5478 KS, tenggelam ke dasar muara dan lalu ditinggalkan begitu saja oleh pemiliknya.

    Namun, yang lebih anehnya lagi dari kejadian itu adalah, sebelum didorongnya ke dasar muara, sang pemilik mobil serta motor itu terlebih dahulu memberikan sesajian berupa bebungaan tujuh rupa yang ditaburkannya dibagian atas kap mobil, serta seluruh badan motor itu. Hingga akhirnya, atas adanya kejadian tersebut, menimbulkan beribu pertanyaan di dalam benak para pemancing yang saat itu tengah asik menunggu hasil tangkapannya.

    Selanjutnya, karena timbul rasa penasaran, para pemancing menghampiri benda yang sudah tenggelam di dasar muara tesebut, dimana posisi sepeda motor Mio Soul saat itu berada persis di depan mobil Brio. Lalu, dengan sigap, salah seorang pemancing langsung melaporkannya ke Mako Satpolairud Batang.

    Petugas Sat Polair dan Polsek Batang kota yang tiba dilokasi, langsung melakukan pemeriksaan pada bangkai mobil dan motor misterius tersebut. Dari hasil pemeriksaan, benar adanya, petugas menemukan sejumlah keanehan pada kejadian tersebut. Pasalnya, selain tanpa adanya pemilik disekitar keberadaan mobil dan sepeda motor tersebut, petugas juga mendapati sisa tebaran bunga tujuh rupa di atas mobil berwarwa hitam mutiara tersebut.

    Dengan sigap, petugas langsung bertindak, dengan menyangkutkan seutas tali yang dikaitkan ke mobil tersebut, agar tidak hanyut terbawa arus. Karena petugas baru bisa untuk mengangkat bangkai mobil tersebut kedaratan pada keesokan harinya. Sementara itu, bangkai sepeda motor sudah bisa terlebih dahulu diamankan di Mako Sat Polair Polres Batang pada malam itu juga.

    Sedangkan untuk bangkai mobil, baru bisa di lakukan evakuasi oleh para petugas gabungan dari Sat polair, Polres Batang serta Tim Sar Kanzus pada Sabtu (11/3) siang dengan menggunakan alat berat. Evakuasi dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Batang Kompol Hartono.

    “Mobil dan motor ini malam tadi, Jum’at (12/3) ditemukan oleh warga yang tengah memancing dilokasi tersebut. Warga terkejut melihat benda yang mengambang di muara pelabuhan. Saat dilihat dari jarak dekat, dipastikan barang tersebut adalah sebuah mobil dan sepeda motor. Warga akhirnya melaporkan kejadian tersebut kepada petugas Sat Polair setempat,” ujar Kabag Ops Polres Batang Kompol Hartono usai melakukan evakuasi, Sabtu (11/3).

    Lanjut Kompol Hartono menuturkan, hingga kini, belum ada warga yang melaporkan kehilangan atas dua buah  kendaraan tersebut. Saat ini petugas terus melakukan penyelidikan siapa pelaku dan motif pembuangan dua unit kendaraan ini. Untuk sementara, dua barang bukti diamankan di Mako Sat Polair Polres Batang.

    “Yang pasti kejadian ini bukan laka tunggal, juga bukan musibah. Saya tidak ingin berfikir kesana, tetapi ini sepertinya budaya setempat, keyakinan atau sering orang bilang ini mrupakan penglaris ya. Karena disekitar kendaraan roda empat dan roda dua itu, terdapat taburan bungan. Ya mungkin permintaan Dewi Lanjar atau apalah kalau orang setempat mengatakan. Tetapi apapun itu, yang jelas kejadian itu bukan kecelakaan dan musibah, dan kini kami masih mencari tahu siapa pemilik kendaraan ini yang telah membuangnya secara cuma-Cuma,” terang Kapolres Batang AKBP Juli Agung Pramono.

    Sedangkan Kasatpolair Batang, AKP Basuki menuturkan, bahwa pihaknya akan segera menyelidiki keberadaan pemilik kendaraan tersebut dengan mencari tahu melalui plat nomor kendaraan yang terpasang. Ia akan mendatangi Samsat setempat untuk melacak plat nomor dari kedua kendaraan tersebut. (ap6)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top