• Berita Terkini

    Tuesday, March 14, 2017

    Mbah Salami Nyaris Terkubur Hidup-hidup saat Rumahnya Roboh

    BPBD KEBUMENFOREKSPRES
    Angin Kencang Landa 4 Kecamatan di Kebumen
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Kebumen, dalam dua hari terakhir Senin-Selasa (13-14 Maret 2017), menjadi bencana bagi warga pada sedikitnya 4 kecamatan di Kabupaten Kebumen. Empat kecamatan itu masing-masing, Buluspesantren, Sruweng, Karanganyar dan Ayah.

    Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Namun, salah satu warga  RT 01 RW 09 Dukuh Bersole Desa Sidoagung Kecamatan Sruweng, Salami (60) mengalami luka setelah rumahnya roboh tak kuat menahan derasnya air hujan, Selasa (14/3/2017).

    "Mbah Salami yang saat itu tangah di
    dalam rumah belum sempat keluar hingga tubuh nya tertimpa reruntuhan rumah.  Salami mengalami luka disebagin tubuh dan kaki terkilir," kata relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kebumen, Yadi Busro bersama rekanya Sukirman, yang menolong korban.

    Selain di Karanganyar, rumah rusak akibat tertimpa pohon tumbang juga terjadi di Desa Ayamputih Kecamatan Buluspesantren. Rumah milik Samingan 45 warga RT 02 RW 02 desa setempat rusak setelah tertimpa pohon melinjo yang tumbang. Tidak ada korban jiwa atau luka, namun atap rumah korban rusak dan kerugian ditaksir mencapai Rp 3 juta. Masih di hari yang sama, Sulastri warga RT 01 RW 07 Desa Grenggeng Karanganyar rumahnya juga rusak tertimpa pohon.

    Kurniawan warga Desa Karanganyar mengatakan kejadian angin ribut tersebut bermula medung yang tebal menyelimuti kota Kebumen dan sekitarnya, seketika
    hembusan angin kencang disertai gerimis mengangkat plastik beterbangan. "Saya sedang melintas pake motor tiba tiba anginya kenceng banget sampai  pohon berayun ayun mau roboh," katanya.

    Sehari sebelumnya, Senin (13/3/2017), pohon alba roboh menimpa rumah Kasron, warga RT 05 RW 3,  Desa Kalipoh Kecamatan Ayah. Akibatnya, atap rumah jebol dan usuk patah, kerugian ditaksir Rp 3 juta.

    Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan pada BPBD Kabupaten Kebumen Drs Muhyidin mengatakan, pihaknya sudah mengirimkan relawan untuk membantu korban bencana. Selain bekerja bakti bersama warga dan instansi lain menyingkirkan pohon, BPBD juga menyalurkan bantuan logistik. "Besok pagi, penanganan akan dilanjutkan," kata Muhyidin.(saefur/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top