• Berita Terkini

    Sunday, March 26, 2017

    Libur Panjang, Volume Kendaraan Jalur Tegal-Purwokerto Meningkat

    BUMIAYU - Arus lalu lintas di sepanjang jalur tengah Tegal-Purwokerto mengalami peningkatan jumlah kendaraan seiring dengan berlangsungnya libur panjang akhir pekan ini. Bahkan dari pantauan yang dilakukan, kemacetan terjadi di sejumlah titik perbaikan jalan maupun pembangunan fly over sejak Jumat (24/3) sore.

    Arus kendaraan dari arah utara, nampak merayap di beberapa titik seperti terpantau di perlintasan KA Karangsawah, lokasi perbaikan jalan wilayah Linggapura Kecamatan Tonjong dan juga di sepanjang jalur Bumiayu-Paguyangan sebagai imbas dari proyek pembangunan fly over Kretek Paguyangan.

    "Kendaraan didominasi oleh mobil pribadi dan juga bus pariwisata,"jelas Waryono, Petugas Dinhub Brebes di Terminal Bumiayu, Minggu (26/3). Menurut dia, kepadatan arus lalu lintas ini mulai terjadi semenjak malam sebelumnya. Dengan dominasi kendaraan menuju wilayah selatan.

    "Volumen kendaraan yang melintas mengalami peningkatan dibanding hari-hari biasa, kebanyakan jenis mobil pribadi yang hendak berlibur memanfaatkan momen libur panjang akhir pekan ini,"kata Waryono.

    Kepadatan lalu lintas di jalur yang mengubungkan Tegal-Purwokerto ini, tidak luput dari masih kurang disiplinnya para pengguna kendaraan. Aksi saling serobot hingga menutup jalur berlawanan, kerap menimbulkan antrian kendaraan. Disamping juga masih banyaknya truk besar yang melintas, meskipun sudah ada larangan truk lebih dari dua sumbu melintas di jalur utama penghubung Tegal-Purwokerto itu.

    Seperti yang terjadi di jalur antara Bumiayu-Paguyangan, pengguna kendaraan dari arah selatan memakan hampir seluruh badan jalan saat mengantri di pembangunan fly over perlintasan KA Kretek. Hingga pada akhirnya kendaraan dari arah selatan tidak dapat melintas dan menimbulkan kemacetan.

    "Mereka tidak mau antri di jalurnya, seluruh badan jalan di gunakan saat arah berlawanan kosong. Akhirnya seperti ini, macet ketika ada kendaraan lain melintas dari arah berlawanan,"ungkap Purwanto, pengendara warga Taraban, Paguyangan.

    Kasat Lantas Polres Brebes melalui Kaposlantas Bumiayu Aiptu Sus Gundi Atmiko membenarkan jika aksi tidak disiplin para pengendaran justru akan memicu terjadinya antrian kendaraan.
    "Karenanya kami menghimbau kepada pengguna kendaraan untuk lebih bersabar, mengingat situasi lalu lintas yang tengah mengalami peningkatan,"imbaunya.(pri/har)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top