• Berita Terkini

    Sunday, March 19, 2017

    Kelurahan Kebumen Menuju Kampung Organik

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Setelah sukses dengan program bank sampah "Bank Samiun", Kelurahan Kebumen kembali melakukan inovasi untuk menciptakan lingkungan yang asri. Rencananya seluruh wilayah di kelurahan setempat akan disulap menjadi perkampungan organik.

    Ketua TP PKK Kelurahan Kebumen Ristiyani Dede Suntoro, menjelaskan program kampung organik ini nantinya setiap lingkungan RW yang ada di Kelurahan Kebumen wajib memiliki tanaman unggulan.

    "Misalnya di RW I memilih tanaman terong ungu, ya nanamnya terong ungu semua. Kemudian di RW II tanaman unggulannya tomat, tomat semua, terus RW III cabe, ya cabe semua," kata Ristiyani, pada acara sosialisasi Menuju Kampung Organik di Pendopo Kelurahan Kebumen, Jumat (17/3/2017).

    Meski demikian bukan berarti warga dilarang menanam tanaman lain. Warga tetap diperbolehkan menanam tanaman lain. "Tetapi yang wajib menanam tanaman terong ungu di RW I, misalnya," ujar istri dari Lurah Kebumen ini.

    Selanjutnya, kata Ristiyani, hasil panen dari tanaman unggulan di masing-masing RW boleh dikonsumsi sendiri oleh warga. Maupun dijual ke pasar. "Ya intinya hasilnya itu untuk kesejahteraan warga. Selain itu ini juga agar lingkungan kita tetap asri," ucapnya.

    Karena di wilayah Kelurahan Kebumen pekarangannya sangat terbatas, maka setiap tanaman unggulan nantinya akan ditanam dengan media polibag. Bahkan TP PKK Kelurahan Kebumen memberikan bantuan 400 hingga 500 polibag beserta bibit tanamannya kepada masing-masing RW.

    "Polibagnya juga dibikin dari bekas kemasan minyak goreng. Sehingga memanfaatkan sampah rumah tangga juga," imbuhnya.

    Lebih jauh, program kampung organik tersebut merupakan program dari Pokja III TP PKK setempat. "Kita pernah ada lomba yel-yel hatinya PKK, yang selama ini hanya menjadi slogan aja. Kita ingin mewujudkan wacana itu dengan menciptakan program ini," tegasnya.

    Sementara itu, sosialisasi itu dihadiri oleh Lurah Kebumen Dede Suntoro, Ketua RW, ketua lingkungan, ibu-ibu PKK dan Karangtaruna desa setempat.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top