• Berita Terkini

    Friday, March 3, 2017

    Tim Damkar Kebumen Ikuti Skill Competition Tingkat Nasional

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Kabupaten Kebumen mengirimkan kontingennya dalam ajang Skill Competition yang diselenggaraka Kementerian Dalam Negeri dalam rangka HUT Pemadam Kebakaran (Damkar) ke-8. Kegiatan ini digelar di Bumi Perkemahan  Cibubur Jakarta, 26 Februari sampai dengan 1 Maret 2017.

    Ajang kompetisi bagi para "penjinak api" ini diikuti oleh 46 kabupaten kota dari seluruh Indonesia. Adapun dari Kebumen, mengirimkan 10 personel.  Mereka pun beradu ketrampilan di tiga kategori, masing-masing Survival, Ladder Pitching dan Hose Leaying. Usai kegiatan skill Competition dilanjutkan acara puncak yaitu Upacara HUT Damkar TK Nasional di Lapangan Monas. Bertindak sebagai Inspektur upacara (irup), Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Cahjo Kumolo.

    Dalam sambutannya, Mendagri meminta personel Damkar harus ditingkatkan kesejahteraannya. Termasuk kebutuhan sarana dan prasarana. Kata Mendagri, mereka pantas menerima hal itu, mengingat tugas Damkar yang memiliki resiko tinggi. "Setiap Kepala Daerah harus menganggarkan BPJS bagi personel Damkar utamanya bagi para personel yang belum ber NIP," kata Cahjo.

    Kasi Penanggulangan Kebakaran pada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP Kabupaten Kebumen ,  Arif Rahmadi SSos menyampaikan, ini untuk kali pertama Kebumen mengikuti ajang Skill  Competition Damkar. "Di kategori  survival harus diskualifikasi karena terjatuh saat hampir sampai finish. Sedang untuk kategori Ladder Fitching masuk peringkat 6 sdgkan kategori Leader Fleaying masuk peringkat 5," kata Arif.

    Arif berharap, kegiatan kemarin akan semakin meningkatkan profesionalisme para anggota pemadam kebakaran di Kebumen. Apalagi di tengah tuntutan tugas yang makin tinggi. Sudah begitu, mereka masih terkendala sejumlah sarana dan prasarana. Salah satu yang sangat terasa masih kurangnya tangki air untuk. "Namun kami berusaha tetap memberikan yang terbaik," tegasnya.(cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top