• Berita Terkini

    Tuesday, March 7, 2017

    Groundbreaking Pasar Baledono Dilakukan Bupati

    PURWOREJO-Pembangunan Pasar Baledono yang terbakar tahun 2013 lalu akan segera dimulai. Rencananya groundbreaking akan dilakukan Bupati Purworejo Agus Bastian pada Rabu (8/3/2017).

    Dilaksanakan oleh PT Hutama Karya Persero Wilayah IV, persiapan pembangunan telah berjalan dimana dilakukan penutupan lokasi bangunan menggunakan seng. Mobilisasi alat berat juga telah dilakukan terhitung mulai 2 Maret.

    "Rencananya alat-alat berat akan datang mulai hari ini (kemarin,red). Kabarnya berangkat dari Semarang tadi malam (Minggu malam,red)," kata Kabid Cipta Karya dan Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum Purworejo Bambang Muhiyanto didampingi Kasi Tata Bangunan dan Lingkungan Dwi Rahayu.

    Dimulai dari bagian utara, groundbreaking dipastikan berada di depan Kelenteng Tong Hwie Kiong yang ada di Kompleks Pasar Baledono. Mengenai teknis kegiatan, hal tersebut masih akan dilakukan pembahasan bersama Asisten II Setda Purworejo Gandi Budi Supriyanto hari ini.

    Ditambahkan selama proses pembangunan, pihak Hutama Karya hanya akan menggunakan pintu yakni di sebelah utara untuk kendaraan berat, bagian tengah untuk keluar masuk kendaraan sedang dan di bagian belakang yang dipergunakan mobilitias pekerja.

    "Semua yang terkait adanya pembangunan pasar ini telah kita sosialisasikan kepada masyarakat sekitar dan pedagang di Balai Kelurahan Baledono, pekan lalu. Memang ada beberapa konsekuensi yang harus dipatuhi pedangang, utamanya pedagang kaki lima," tambahnya.

    Pedagang sendiri telah menyepakati untuk tidak berjualan di pinggir jalan selama pembangunan. Karena mobilitas kendaraan akan sangat tinggi untuk mengangkut berbagai bahan dan alat yang dibutuhkan. "Ini untuk keselamatan masyarakat atau pedagang sendiri. Dengan dukungan yang baik, akan memperlancar proses pembangunannya," tegas Bambang.

    Dijelaskan, Hutama Karya menjadi pemenang lelang pembangunan Pasar Baledono dengan nilai kontrak senilai Rp 144 miliaran. Mereka berkomitmen akan menyelesaikan pembangunan pasar pada 28 Desember 2017. "Pekerjaan utama akan dilakukan oleh Hutama Karya sampai selesai, tapi ada beberapa pekerjaan yang di sub kerjakan," imbuh Bambang. (ndi)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top