• Berita Terkini

    Sunday, March 12, 2017

    6 Pengcab Tak Bisa Terima Hibah

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebanyak enam pengurus cabang (Pengcab) olahraga di Kabupaten Kebumen pada 2016 lalu tidak dapat menerima bantuan hibah dari Pemkab Kebumen. Penyebabnya, karena SK kepengurusannya sudah kedaluarsa.

    Hal itu dikatakan Ketua Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kebumen, H Abdul Karnain, pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun 2016 di Ruang Jatijajar Komplek Pendopo Bupati, Sabtu (11/3/2017).

    "Saya minta bagi Pengcab-pengcab yang SK-nya kedaluarsa segera melakukan reorganisasi memilih pengurus baru. Sehingga dapat menerima bantuan hibah," kata Abdul Karnain.

    Akibat ada enam Pengcab yang tidak dapat menerima dana hibah, anggaran untuk KONI pada 2016 lalu tidak dapat terserap semua. Setidak ada Rp 32 juta dikembalikan ke kas daerah. Karnain, mengungkapkan pada 2016 lalu KONI menerima dana hibah dari APBD Kebumen sebesar 426 juta. Yang dialokasikan untuk bantuan cabang olahraga sebesar Rp 299 juta dan Rp 127 juta untuk sekretariat KONI. "Untuk tahun ini, jumlahnya naik 250 persen. KONI tahun ini menerima hibah sebesar Rp 1 miliar," ungkapnya.

    Hadir pada pembukaan RAT KONI itu, PLH Sekda Mahmud Fauzi, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Azam Fatoni, Ketua Bidang Organisasi KONI Jateng Giri Dahono, serta seluruh pengurus cabang olahrga yang ada di Kabupaten Kebumen.

    Dalam sambutannya, Mahmud Fauzi menyampaikan dengan bertambahnya alokasi anggaran untuk KONI pada tahun ini meminta agar prestasi olahraga dapat ditingkatkan. Mahmud Fauzi mengatakan, pemerintah kabupaten sangat mendukung kegiatan olahraga di Kabupaten Kebumen agar dapat berprestasi di tingkat provinsi maupun nasional.

    Terkait dengan RAT, Mahmud menyampaikan, momentum itu harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, guna melakukan evaluasi serta menyusun program dan rencana kegiatan.  Dengan demikian peran KONI Kabupaten Kebumen di masa mendatang semakin optimal.  Diharapkan dari RAT  ini dapat digali dan dimunculkan kebijakan yang tepat, aspiratif serta aplikatif, untuk mengoptimalkan kinerja organisasi.

    Tak hanya itu, acara tersebut juga merupakan saat yang tepat untuk melakukan konsolidasi dan koordinasi seluruh Pengurus KONI Kabupaten Kebumen. Utamanya dalam  mengoptimalkan peran, kemampuan dan profesionalitasnya. "Saya juga berharap,  program kerja KONI dapat diterapkan dan disesuaikan dengan program-program kegiatan dari Pemerintah Kabupaten Kebumen. Sehingga tercipta sinergitas dan saling dukung," ujarnya.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top