• Berita Terkini

    Tuesday, March 21, 2017

    Bangkitkan Kembali Prestasi Panjat Tebing

    ISTIMEWA
    94 Peserta Ikuti Gaspala Fun Climbing
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebanyak 94 atlet panjat tebing antusias mengikuti lomba bertajuk  Gaspala Fun Climbing (GFC) 2017 yang digelar Gabungan Siswa Pecinta Alam (Gaspala) SMA Negeri 2 Kebumen,  pada Sabtu-Minggu (18-19/3/2017) akhir pekan lalu.  Mereka dibagi menjadi  4 kategori yaitu SD, SMP, SMA dan umum.

    Humas kegiatan Gaspala Fun Climbing, Nadya Furayda dalam rilisnya kepada Kebumen Ekspres, menyampaikan lomba dibagi menjadi dua nomor, yakni Fun Climbing yang digelar pada hari pertama.


    Untuk kategori ini diikuti 64 peserta. Pada kategori ini, para peserta memanjat wall climbing untuk mengambil nomor. Nomor ini selanjutnya bisa ditukarkan kepada panitia untuk mendapatkan hadiah sesuai dengan nomor yang diambil.


    Adapun hari kedua, yakni kompetisi Kategori Lead diikuti 30 peserta. Di kategori ini, para atlet dituntut untuk memanjat climbingwall sampai top atau finish dengan waktu secepat mungkin. Untuk peserta dengan waktu tercepat dan banyaknya handgrip atau point panjat yang dipegang, akan masuk babak final dan berhak memperebutkan juara 1 sampai 3 dan mendapatkan sertifikat, trofi, dan juga uang pembinaan.

    Para peserta pun antusias mengikuti kegiatan tersebut. Mereka bahkan berharap, event seperti ini akan diadakan setiap tahun. "Alhamdulilah saya senang mendapat juara di avent ini. Ini yang pertama kalinya saya mengikuti kompetisi panjat tebing. Semoga semakin sering ada lomba sejenis ini," ujar Akhmad Fauzan, salah satu peserta dari klub CICAK (Climber Club At Kebumen) itu.

    Ketua pelaksana, Giga Cahyo Baskoro menyampaikan, event kemarin menjadi wadah bagi klub-klub panjat tebing yang mulai tumbuh saat ini, seperti Red Point dan Cicak. Sekaligus, menumbuhkan kembali gairah olahraga panjat tebing di Kebumen. Mengingat Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kebumen selaku induk olahraga panjat tebing di Kota Beriman sempat mengalami kevakuman.

    "Ini juga dalam rangka menyosialisasikan dan memasyarakatkan cabang olahraga panjat di Kebumen sebagai cabang olahraga prestasi," katanya sembari mengatakan, tema kegiatan kemarin “Melalui lomba panjat tebing, melatih jiwa yang tangguh serta menumbuhkan mental dan sportivitas".

    Di saat bersamaan, Giga Cahyo mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang mendukung suksesnya penyelenggaraan acara, antara lain Gaspala, SMA N 2 Kebumen, Rinjani, tim pita 8 dan semua tim teknis, PMR, PASUSDA, dan semua pihak sponsor.

    Pendamping kegiatan, Nur Abyadi menyampaikan harapan kepada FPTI Kebumen yang menjadi induk olahraga panjat tebing di Kota Beriman. Vakumnya kegiatan FPTI, kata Nur Abyadi, cukup disayangkan.

    Apalagi, FPTI dibentuk untuk memberikan regulasi, kemudahan, memfasilitasi, pembinaan, dan koordinasi kepada anggotanya (klub) yang bernaung di bawahnya. Atau dengan kata lain, pembinaan serta maju tidaknya cabang olahraga panjat tebing merupakan tugas FPTI. "Di atas semua itu, kami berharap olahraga prestasi Panjat Tebing ini, khususnya untuk daerah Kebumen, akan menjadi lebih maju,"ujar dia.(cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top