• Berita Terkini

    Kamis, 16 Maret 2017

    Awal Puasa dan Lebaran Kompak

    JAKARTA – Prediksi bahwa tahun ini awal puasa atau 1 Ramadan dan 1 Syawal kompak ternyata tidak meleset. Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin menjelaskan, awal puasa tahun ini kemungkinan kompak pada 27 Mei.


    Thomas mengatakan ketika awal puasa jatuh pada Sabtu, 27 Mei, maka umat Islam di tanah air mulai menjalankan solat tarawih pada Jumat, 26 Mei. Dia mengatakan penetapan awal puasa 1438 H/2017 M baik kriteria wujudul hilal yang dipakai Muhammadiyah maupun imkanul rukyat oleh Nahdlatul Ulama sama-sama jatuh pada 27 Mei. "Jadi memang insyallah bareng," kata dia di Jakarta kemarin (15/3).


    Selain itu Thomas juga menjelaskan bahwa 1 Syawal atau lebaran juga hampir bisa dipastikan akan kompak juga. Yakni jatuh pada Minggu, 25 Juni. Dengan demikian umat Islam mulai mengumandangkan gema takbir pada Sabtu, 24 Juni.


    Meskipun sudah bisa diprediksi, Thomas berharap masyarakat tetap menunggu keputusan resmi dari Kementerian Agama (Kemenag). Tradisi Kemenag selama ini adalah melakukan sidang isbat terlebih dahulu, sebelum menetapkan awal puasa maupun lebaran.


    Sementara itu Sekretairs Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Abdul Mu’ti mengatakan PP Muhammadiyah telah mengeluarkan hasil hisab wujudul hilal.

    Hasilnya awal bulan Ramadan 1438 H jatuh pada 27 Mei. Hasil perhitungan hisab menyebutkan saat dilakukan pemantauan hilal pada 26 Mei nanti, tinggi hilal berada di sekitar tujuh derajat.



    Terkait dengan proses sidang isbat yang akan digelar oleh Kemenag nantinya, Mu’ti mengatakan PP Muhammadiyah akan menghadirinya. Dia berharap Kemenag tetap menjalankan sidang isbat seperti beberapa tahun terkahir. Diantaranya sidang utama dilaksanakan tertutup dari peliputan media. Tujuannya adalah menghindari publikasi jika ada perdepatan atau perbedaan pandangan di dalam persidangan. "Syarat ini untuk kemaslahatan bersama," jelasnya. (wan/acd)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top