• Berita Terkini

    Thursday, March 2, 2017

    304 TPQ di Kebumen Terima Bantuan Keuangan

    ILUSTRASI
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Pemkab Kebumen kembali mengucurkan bantuan keuangan untuk taman pendidikan Alquran (TPQ) tahun anggaran 2017.  Secara simbolis, bantuan tersebut diserahkan oleh Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kebumen Wahib Tamam kepada penerima. Penyerahan itu dilakukan dalam acara sosialisasi bantuan keuangan kepada pemerintah desa untuk operasional TPQ di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Kamis (2/3/2017).

    Wahib Tamam mengatakan bantuan keuangan itu diberikan kepada 304 desa yang memilik TPQ di Kabupaten Kebumen. Masing-masing desa menerima bantuan sebesar Rp 5 juta. "Pemkab Kebumen memberikan perhatian besar terhadap keberadaan TPQ. Salah satunya melalui bantuan keuangan desa," kata Wahib Tamam.

    Menurutnya, sosialisasi bantuan keuangan kepada pemerintah desa untuk operasional TPQ perlu dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada kepala desa penerima hibah tahun 2017.

    "Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, monitoring, proses pencairan. Hingga pembuatan laporan surat pertanggungjawaban (SPJ) keuangan," ujar Wahib.

    Dalam sambutannya, Wahib menyampaikan TPQ memiliki peran penting terhadap pendidikan karakter. Keberadaan TPQ diharapkan dapat menumbuhkan generasi muda yang sholeh dan sholehah. Generasi yang berahlakul karimah. Juga generasi yang tangguh. Bukan generasi yang lemah.

    Pihaknya berharap, bantuan ini dapat bermanfaat bagi pengembangan TPQ. Sadari bahwa bantuan hanya akan berarti apabila disertai dengan pelaksanaan di lapangan secara baik. Juga dilakanakan secara  jujur, transparan, tepat dan tertib, serta memenuhi azas efisien dan efektif. "Semua ini adalah bagian dari ibadah. Juga cerminan ketaqwaan kita. Jika kita sudah bertakwa kepada Allah,  kita ikhtiarkan sesuai dengan tuntunan-Nyam insya Allah  semua akan didapatkan," bebernya.

    Sosialisasi yang diikuti kepala desa calon penerima bantuan dan camat se-Kabupaten Kebumen / menghadirkan dua narasumber. Yaitu Kabid Pemerintahan Sosial dan Budaya pada Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah, Isnadi. Yang menyampaikan materi mengenai kebijakan Pemkab Kebumen dalam bidang keagamaan.

    Kemudian narasumber selanjutnya, Kabid Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Herlina Januarita. Yang memaparkan mengenai pengelolaan bantuan keuangan kepada pemerintah desa.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top