• Berita Terkini

    Tuesday, February 28, 2017

    Video Kekerasan Diksar Mapala UII Dibeber

    KARANGANYAR – Penyidikan kasus kematian tiga peserta pendidikan dasar (diksar) mahasiswa pecinta alam (Mapala) Universitas Islam Indonesia (UII) Jogjakarta berlanjut. Kemarin (28/2), 11 peserta diksar diperiksa di Mapolres Karanganyar.

    Mereka diperlihatkan video selama kegiatan diksar The Great Camping di Tlogodringo, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu.

    Rombongan mahasiswa UII Jogjakarta tiba di Mapolres Karanganyar sekitar pukul 10.40 dan langsung menuju ruangan pusat pengendalian dan komando operasi (PPKO). Sejumlah penyidik disiapkan untuk memeriksa para saksi.

    Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak melalui Wakapolres Karanganyar Kompol Prawoko menjelaskan, dari 14 peserta diksar yang dipanggil, tiga diantaranya mangkir.

    “Pemeriksaan untuk menindaklanjuti berkas perkara yang sebelumnya kita kirim ke kejaksaan dan masih P-19 karena dianggap kurang lengkap,” terang Prawoko.
    Setelah 14 peserta diksar, Polres Karanganyar berencana memanggil 13 mahasiswa lainnya guna melengkapi berkas. Sekaligus mengonfirmasi sejumlah barang bukti dugaan kekerasan pada diksar mapala UII.

    “Ya itu, salah satunya adalah video dan foto – foto dalam kegiatan diksar untuk disaksikan peserta. Di dalam video tersebut ada indikasi kekerasan saat proses diksar. Makanya kami tunjukan ke para peserta,” jelas Prawoko.

    Ditambahkannya, pemeriksaan belasan saksi juga menggali kemungkinan bertambahnya tersangka yang selama ini sudah ditetapkan sebanyak dua orang.
    "Masih sangat mungkin (tersangka, Red) bertambah," kata Prawoko. (rud/wa)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top