• Berita Terkini

    Friday, February 3, 2017

    SMAN 2 Kebumen Resmikan Pembangunan Kelas dan Kantin

    ondoforekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sarana dan prasarana pendidikan menjadi salah satu penunjang penting dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan latar belakang itu pula, SMA Negeri 2 Kebumen membangun ruang kelas baru (RKB).

    Total ada enam ruang kelas baru yang telah selesai dikerjakan. Selain itu, secara berbarengan juga dilakukan penataan kantin sekolah. Adapun anggarannya menelan Rp 2,16 miliar. Sarana dan prasarana tersebut diresmikan oleh Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sabar Irianto, Kamis (2/2/2017).

    Hadir Kepala Balai Pengendalian Pendidikan Menegah dan Khusus (BP2MK) Magelang Eugenia Florentina Awignam Astu, Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Aditia Mulya Ramdhani, jajaran Muspika dan pejabat di jajaran Pemkab Kebumen.

    Kepala SMA Negeri 2 Kebumen Rachmat Priyono SPd MM menjelaskan, pembangunan fisik berupa enam RKB dan penataan kantin tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat, Pemkab kebumen dan swadaya. Bantuan bangunan fisik empat RKB dari pemerintah pusat sebesar Rp 730 juta ditambah mebelair Rp 80 juta. Jumlah tersebut ditambah dengan swadaya sebesar Rp 232 juta.

    Kemudian bantuan penataan kantin sebesar Rp 300 juta ditambah dengan swadaya Rp 130,4 juta. Selain itu, bantuan dua RKB dari Pemkab Kebumen Rp 343,2 juta. Pihaknya juga melaksanakan pembangunan lobi sebelah barat dengan anggaran Rp 344,5 juta. Sehingga total rekapitulasi dana pembangunan fisik di SMA 2 Kebumen tahun 2016 sebesar Rp 2,160 miliar.   "Terdiri atas Rp 1,453 miliar bantuan dan swadaya Rp 707 juta swadaya," ujar Rachmat Priyono dalam sambutannya.

    Kini, seluruh ruangan kelas SMA 2 Kebumen terpenuhi. Sebelum ada penambahan RKB, sebagian peserta didik terpaksa belajar di ruang laboratorium. Saat ini SMA 2 Kebumen memiliki 30 ruang kelas dengan rata-rata satu ruang kelas berisi 36 peserta didik.  Adapun total peserta didik di SMA 2 Kebumen sebanyak 1.036 siswa.

    Sedangkan untuk kantin, sebelum dilakukan penataan kondisinya sangat memprihatinkan. Setelah penataan, kondisi kantin sudah sangat memadai. Ke depan, pihaknya merencanakan renovasi pagar yang kondisinya sudah tidak layak, kemudian area parkir, dan penataan taman.  "Taman di SMA 2 memprihatinkan. Ini untuk mendukung program Adiwiyata dan mendukung sekolah supaya indah dan rapi," ujarnya.

    Sementara, Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sabar Irianto yang membacakan sambutan Wakil Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz, berharap peresmian gedung RKB tersebut dapat mendukung peningkatan pendidikan di SMA 2 Kebumen. Termasuk penataan kantin juga dapat dapat membudayakan makanan makanan yang sehat, bebas dari pengawet dan bahan-bahan berbahaya lainnya.  "Kantin juga dapat memberikan edukasi mengenai kejujuran," ujar Sabar Irianto.(cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top