• Berita Terkini

    Saturday, February 18, 2017

    Raih Juara III, The Generation Syukuran

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sukses menjadi juara III pada lomba keroncong tingkat Jawa Tengah di Hotel Candisari Karanganyar belum lama ini, grup orkes keroncong asal Kebumen "The Generations" menggelar syukuran.

    Tasyakuran yang diisi dengan pagelaran orkes keroncing tersebut dilakukan di Balai Kelurahan Kebumen, kemarin malam.

    Acara tersebut dihadiri oleh komunitas keroncong di Kebumen, dan juga beberapa tamu pecinta musik keroncong dari luar kota Kebumen. Diantaranya dari Gombong, Kutoarjo,Purworejo dan Solo.

    Hadir pula pada acara tersebut pengurus Himpunan Artis Musik Keroncong Republik Indonesia (HAMKRI) Kabupaten Kebumen, HSutjipto Nugroho. Selain itu juga hadir Ketua Umum DKD Kebumen Pekik Sat Siswonirmolo.

    Ketua grup orkes keroncong The Generations, AKP Hari Harjanto, mengatakan grup orkes Keroncong The Generations baru terbentuk sekitar sembilan bulan yang lalu. "Pada saat mengikuti lomba jumlah personilnya terdiri dari 7 orang pemusik dan 2 orang vokalis, yang semua berasal dari lokal Kebumen," kata Hari Harjanto.

    Pada awalnya, kata anggota polisi ini, group orkes keroncong The Generations adalah grup keroncong  Irama Walet, yang mengalami kelesuan. Kemudian Hari Harjanto mencoba membangkitan kembali dengan semangat baru, tetapi tetap dengan tidak meninggalkan kroncong yang asli.

    "Nama The Generations sendiri dikandung maksud melestarikan generasi keroncong Kebumen. Oleh karena itu anggotanya memang kebanyakan masih muda-muda semua," ujarnya.

    Bahkan dua orang vokalis keroncong pada grup tersebut,  yang ikut pada saat lomba lalu usianya masih sangat muda. Mereka yakni Yudha Firmansyah (13), asal Desa Karanggedang, Kecamatan Sruweng. Yudha masih duduk dibangku kelas VII SMP Negeri I Kebumen. Kemudian, Putri  Yunitasari, Siswi kelas VI SD  Kutosari I Kebumen, yang juga berasal dari Karanggedang, Kecamatan Sruweng. "Yudha Firmansyah baru empat bulan belajar menjadi penyanyi keroncong," ucapnya.

    Dari kejuaraan yang berhasil diraih, Hari Harjanto, berharap grup orkes keroncong The Generations, kedepan akan sukses selalu. "Anggotanya semakin kompak, dan tetap dapat melestarikan musik Keroncong budaya asli Indonesia," tandasnya.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top