• Berita Terkini

    Tuesday, February 7, 2017

    Perempatan Lalin di Purworejo Dipasang CCTV

    PURWOREJO- Sejumlah perempatan di Kabupaten Purworejo yang tingkat kepadatan lalu lintasnya tinggi diberi pemantau dengan memasang Camera Closed Circuit Television (CCTV). Diantaranya perempatan Jatimalang Purwodadi, perempatan Cangkrep, Berengkelan, Mranti Purworejo, perempatan Satpol PP, dan perempatan terminal induk.

    "Kita ranahnya sudah harus pakai Information technology (IT), maka kita wujudkan dengan pemantauan melalui CCTV," jelas Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Purworejo Drs Agus Budi Supriyanto MSi, kemarin.

    Menurutnya, pemasangan CCTV bertujuan sebagai pemantau kepadatan lalu lintas dan evaluasi pengaturan lampu lalu lintas. Juga untuk mengetahui jika terjadi trouble di perempatan. Maka harus segera berkoordinasi dengan Satuan lalu Lintas (Satlantas) Polres Purworejo untuk melakukan rekayasa lalu lintas.

    "Seperti pada musim mudik Lebaran sangat mungkin terjadi kemacetan yang harus ditangani segera dalam mengurai kemacetan menjadi lancar. Sehingga sangat dibutuhkan pemantau melalui CCTV," ujarnya.

    Agus Budi menambahkan, pemantaun lalu lintas dengan CCTV cukup dilihat dari kantor Dinas Perhubungan. Untuk pengecekan hasil rekaman CCTV, dilakukan setiap satu bulan sekali dikantor Dishub. Sedangkan evaluasi tentang ketertiban berlalu lintas dilakukan tiga bulan sekali.

    "Bisa juga sewaktu-waktu rekaman CCTV dibuka,  namun kalau ada kepentingan yang mendesak. Misalnya ada kasus kejahatan terjadinya tabrak lari atau kejahatan lain. Tentu kepentingan yang urgen seperti ini, harus kita bantu untuk mendapatkan keterangan kejadian yang  sebenarnya," ungkap Agus Budi.

    Terkait pelanggaran lalu lintas Agus Budi menegaskan, sejauh ini CCTV belum untuk memantau pelanggar lalu lintas bagi pengguna jalan. "Tapi tidak menutup kemungkinan, jika akan digunakan untuk tilang tentu bisa saja. Hanya saja harus disertai dengan MoU dengan Polres dan Pengadilan Negeri. Yang jelas CCTV fungsinya saat ini, untuk mendukung kelancaran lalu lintas di Purworejo terutama pada perempatan-perempatan padat lalu lintas," paparnya. (ndi)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top