• Berita Terkini

    Sunday, February 12, 2017

    Harga Sapi Stabil, Saatnya Transaksi

    SIDOHARJO – Harga sapi di pasar hewan Sidoharjo awal tahun ini cukup stabil. Bagi para peternak dan penjual sapi, merupakan saat yang tepat untuk melakukan jual beli sapi. Mengingat, sapi bisa dijual kembali pada saat Idul Adha mendatang. Dengan harapan mendapat keuntungan pada momen hari raya itu.

    Sekitar seratusan pedagang sapi yang berada di pasar hewan Sidoharjo, tampak melakukan transaksi jual beli, baik kepada sesama pedagang sapi maupun kepada peternak sapi, Minggu (12/2). Salah satu pedagang sapi asal Ngadirojo, Hartadi mengaku dalam sebulan terakhir harga sapi cukup stabil.

    "Sapi bibit umur 8 bulanan berkisar Rp 12 juta hingga Rp 13 juta. Kemudian sapi yang umurnya setahun lebih untuk indukan berkisar Rp 17 jutaan. Sedangkan sapi untuk konsumsi kisaran Rp 27 jutaan," kata Hartadi, kemarin.

    Menurut Hartadi, saat ini merupakan saat yang tepat untuk menjual sapi, harga yang stabil berarti risiko merugi kecil. Selain itu sapi yang dibelinya dari peternak cepat laku karena tak banyak spekulasi.

    "Dari peternak dapat harga Rp 11 juta sampai Rp 11,5 juta. Dijual cepat sekitar Rp 12 jutaan, sudah untung," jelasnya.

    Ditempat yang sama, Wisnu peternak sapi asal Wonogiri kota mengaku dirinya baru saja menjual dua ekor sapinya yang berumur satu tahunan. Kemudian, dibelikan satu ekor sapi yang rencananya akan digemukan.

    "Tadi jual dua ekor sapi, laku Rp 26 juta. Lalu saya beli sapi yang lebih sehat Rp 15 jutaan. Hanya akan saya gemukan lalu bisa dijual pada Idul Adha mendatang," terangnya.

    Sementara itu, Camat Sidoharjo, Supardi yang turut memantau kondisi pasar hewan Sidoharjo mengaku pada pasaran Pon minggu ini lebih sepi. Yang terlihat hanyalah para penjual sapi.

    "Minggu ini lebih sapi, yang banyak hanya para blantik. Itupun blantik-blantik lokal Wonogiri. Yang dari Ampel, Boyolali tidak terlihat," kata Supardi.

    Supardi yang juga pernah beternak sapi mengaku harga sapi saat ini cukup bagus, berbeda dengan awal tahun 2000-an lalu. Sapi dengan berat 1 ton miliknya pada tahun itu hanya terjual Rp 8 jutaan.

    "Sekarang lebih bagus kondisi harga sapi. Dulu, saya beli sapi Rp 4 jutaan, lalu saya gemukan, tidak sampai 4 bulan laku Rp 8 jutaan," pungkasnya. (kwl/edy)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top