• Berita Terkini

    Sunday, February 12, 2017

    Dinparbud Purworejo Diminta Alokasikan Dana Wisata Pesisir Selatan

    ANDI/EKSPRES
    PURWOREJO- Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH meminta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Purworejo mengalokasikan anggaran untuk pengembangan wisata daerah pesisir selatan. Pasalnya, potensinya sangat menjanjikan. Terlebih dengan telah dimulainya pembangunan bandara internasional di Kulonprogo yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Purworejo.

    Hal itu diungkapkan Yuli Hastuti saat menghadiri Pembukaan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2017 Kabupaten Purworejo di objek wisata Pantai Jetis Desa Patutrejo Kecamatan Grabag, Rabu (8/2). Hadir dalam kesempatan itu Plt Kabag Humas Agung Wibowo AP, Plt Sekretaris Dinparbud Kendrasmoko SSos MSi, Camat Grabag Sigit Hariyadi, Kapolsek AKP Suwito, Danramil Kapten Widodo dan Kades Patutrejo Zaelani.

    "Saya mendengar langsung pernyataan Bapak Presiden Joko Widodo yang disampaikan pada peletakan batu pertama pembangunan bandara Kulonprogo, bahwa bandara akan selesai Maret 2019. Ini artinya kita yang berada di wilayah perbatasan juga harus bersiap-siap untuk berbenah. Kalau tidak secepatnya, kita bisa ketinggalan. Untuk itu diharapkan desa-desa dapat mengelola potensi yang ada menjadi unggulan desa," ungkapnya.

    Meski demikian, lanjutnya, tidak hanya daerah pesisir yang menjadi perhatian. Daerah-daerah pegunungan Purworejo di bagian utara pun harus dikembangkan dengan segala potensinya. "Sekarang desa mendapatkan anggaran yang cukup besar dan bantuannya langsung diterima desa, harapannya desa mengalami peningkatan perekonomian yang bagus menjadi semakin maju sejahtera dan makmur masyarakatnya,"jelasnya.

    Terkait HPN, Yuli Hastuti mengapresiasi kiprah jurnalis yang telah menyelenggarakan berbagai kegiatan positif. Menurutnya sudah semestinya peringatan sebuah momentum tidak cukup hanya dengan acara seremonial,melainkan perlu disertai kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat luas. "Saya percaya, bagi mereka yang menyadari arti penting keberadaan pers, tentu akan memberikan dukungan sepenuhnya untuk penyelenggaraan kegiatan yang sangat positif ini," tandasnya.

    Sementara itu, Ketua penyelenggara HPN Pewarta Purworejo, Hantoro Wibowo menyebutkan, peringatan HPN ini merupakan upaya jurnalis untuk ikut berperan serta dalam mendukung program Bupati yakni Visit Purworejo 2020. Salah satunya dengan mengadakan lomba foto selfie di tempat-tempat wisata di Kabupaten Purworejo.
    "Selain lomba foto selfie juga  diadakan berbagai kegiatan untuk  menyemarakkan HPN antara lain penanaman pohon di pinggir pantai Jetis, festival band pelajar, bakti sosial dan lain-lain,” sebut Hantoro.

    Pembukaan HPN di Pantai Jetis berlangsung meriah ditandai dengan penanaman pohon kelapa di sekitar lokasi oleh Yuli Hastuti bersama Muspika Grabag.
    Sejumlah hiburan ditampilkan, antara lain Gejug Lesung oleh Lansia Sejahtera Desa Patutrejo dan Tari Dolalak siswa TK setempat.
    Kegiatan juga diisi dengan Pelatihan Manajemen Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) oleh Dinparbud Purworejo menghadirkan pemateri pakar pariwisata Provinsi Jateng. Para peserta juga mendapat pelatihan jurnalistik dari sejumlah wartawan Purworejo dan materi keamanan pariwisata dari Polres Purworejo. (ndi)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top