• Berita Terkini

    Thursday, February 23, 2017

    Afra, Gitaris Kidal Berbakat dari Kebumen

    Cantya Afra Fatharani/fotoSAEFUR/EKSPRES
    TIDAK banyak orang yang dikaruniai kemampuan sama baiknya dalam hal memainkan alat musik dan olah vokal. Jadi, Cantya Afra Fatharani ini sungguh beruntung memiliki kedua talenta itu sama baiknya. Remaja perempuan yang akrab disapa Afra itu bahkan memiliki ciri khas, yakni memainkan gitar dengan tangan kidal.

    Afra  saat ini masih duduk di kelas 9 SMP N 1 Kebumen. Namun, cabikan gitarnya sudah cukup menggema dengan sejumlah prestasi yang diraihnya. Dia sudah beberapa kali mendapat kejuaraan menyanyi dan sempat mewakili Kebumen tampil di salah satu stasiun televisi di Jawa Tengah. Afra juga sering memamerkan kepiawaiannya dalam bermusik itu lewat panggung bersama grup bandnya, AFRA AND THE BAND.

    Band itu terdiri dari 4 personil yakni Susetyo alias Tyo pada gitar, Arif Nurhidayat pada bass dan Aji pada posisi drumer berikut Afra yang menjadi vokalis sekaligus gitar. Band remaja ini sudah cukup eksis. Mereka sering manggung di Kebumen dan Purwokerto. Band ini bahkan sudah memiliki manajer, yakni Asep Revolver Produser Pojok Akustik asal Purwokerto. Bahkan, mereka sedang merilis album yang rencananya akan dirilis pada tahun ini. "Afra itu barang langka, dia unik memiliki karakter suara yang khas dan bisa main gitar kidal lagi," kata Asep soal Afra.

    Remaja kelahiran Jakarta 4 Agustus 2002 itu mengaku suka musik sejak masih duduk di sekolah dasar. Saat itu, dia  sudah gemar memainkan gitar sekaligus berolah vokal. Dan, Afra beruntung memiliki ibu Dyah Ayu Agustina yang mendukung penuh kiprahnya di dunia musik. Agar kemampuan bermusiknya terus berkembang, sang ibu mendorong Afra ikut les gitar sejak kelas 7 SMP. Lucunya, Afra sempat berpindah-pindah guru les.

    Bukan karena Afra berulah, namun lantaran sang guru bingung mengajarinya yang memainkan musik dengan tangan kidal. "Sempat pindah beberapa guru musik karena bingung ngajarinya pakai tangan kiri dan senarnya gak dibalik. Akhirnya belajar sendiri lewat video You Tube," kata Afra yang sering membawakan lagu rock, blus, juga pop itu.


    Ibu kandung Afra, Dyah Ayu Agustina, menyampaikan, sangat mendukung kiprah anaknya itu di bidang musik. Talenta Afra bahkan sudah terlihat sejak dalam kandungan. "Dulu ketika mengandung Afra, saya sering memperdengarkan musik klasik. Nah, kalau ada musik, Afra itu merespon dengan bergerak gerak, seolah olah ikut joged didalam," kenang perempuan yang tinggal di  Gang Gelatik RT 03 RW 06 Kelurahan Panjer Kebumen itu.

    Bakat musik Afra makin terlihat. Sejak kecil, Afra suka menyanyi bahkan memiliki selera musik seperti orang dewasa. "Sejak kecil itu sukanya lagu klasik dan rock, kaya orang dewasa aja," katanya.

    Di tengah membangun karir bermusik, Afra tidak melupakan pendidikan. Apalagi, saat ini dia tengah bersiap menempuh Ujian Nasional (UN). Di tengah tawaran job manggung, Afra juga mengikuti les. (saefur/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top