• Berita Terkini

    Thursday, February 9, 2017

    2017, Tiga Pasar Bakal Direvitalisasi Pemkab

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Pemkab Kebumen kembali bakal merevitalisasi sejumlah pasar tradisional pada tahun 2017. Sejumlah pasar yang bakal direvitalisasi, yaitu Pasar Ungaran Kutowinangun, Pasar Hewan Karanganyar, Pasar Caruban Adimulyo, dan Pasar Puring.

    Kepala Dinas Perindutrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kebumen Nugroho Tri Waluyo, mengatakan terdapat tiga pasar akan direvitalisasi menggunakan anggaran yang bersumber dari APBD Kabupaten Kebumen 2017. Yakni Pasar Ungaran Kutowinangun akan direvitalisasi dengan anggaran sebesar Rp 2,7 miliar, Pasar Hewan Karanganyar Rp 1 miliar, dan Pasar Caruban Adimulyo Rp 400 juta.

    Sedangkan Pasar Puring akan dibangun menggunakan anggaran dari APBN 2017 sebesar Rp 6 miliar. "Untuk Pasar Puring, rencananya akan dibangun dua tahap dengan total anggaran Rp 12 miliar. Pada tahap pertama tahun ini dianggarkan melalui TP Kementerian Perdagangan RI sebesar Rp 6 miliar," kata Nugroho Tri Waluyo, saat mendampingi Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, saat melakukan sidak ke sejumlah pasar tradisional di Kebumen, Rabu (8/2/2017).

    Selain itu, kata Nugroho, pada tahun ini Pemkab Kebumen juga mengalokasikan anggaran sebesar Rp 5,7 miliar. Anggaran tersebut untuk membangun sejumlah fasilitas. Diantaranya akan dibangun dua buah jembatan penghubung, sehingga akan memudahkan akses pengunjung pasar bertransaksi di lantai dua.

    "Selain itu juga kita akan bangun kantor pasar karena selama ini belum ada kantornya. Juga untuk pengadaan hidran dan perbaikan saluran drainase," ujar mantan Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) ini.

    Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, berharap dengan ditambahnya fasilitas baru di Pasar Tumenggungan tidak ada lagi pedagang mengeluh karena sepinya pembeli. Khususnya bagi pedagang yang berjualan di lantai dua. "Sehingga yang atas juga ramai karena mudahnya akses," tutur Mohammad Yahya Fuad, saat meninjau Pasar Tumenggungan Kebumen, Rabu pagi.

    Sedangkan terkait akan direvitalisasinya sejumlah pasar tradisional, bupati berharap dapat meningkatkan pendapatan pedagang. Sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat. "Saya meminta agar kebersihannya dijaga biar pembeli yang datang merasa nyaman dan nantinya akan jadi tambah ramai," pinta bupati.

    Sejumlah pasar yang dikunjungi bupati kemarin, yaitu Pasar Tumenggungan Kebumen, Pasar Bocor Buluspesantren, Pasar Blekatuk Desa Candiwulan Adimulyo. Selanjutnya, Pasar Kuwarasan, Pasar Podomoro Desa Mergosono Kecamatan Buayan dan Pasar Demangsari Kecamatan Ayah.

    Pada kunjungan tersebut, bupati didampingi Asisten II Sekda Tri Haryono, Kepala Disperindag Nugroho Tri Waluyo, Kepala Dispermades P3A Moh Amirudin dan Kabag Humas Setda Kebumen Sukamto.(ori)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top