• Berita Terkini

    Monday, January 23, 2017

    UII Terjunkan 672 Mahasiswa KKN Di Purworejo

    PURWOREJO- Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta menerjunkan 672 mahasiswanya, untuk mengikuti kuliah kerja nyata (KKN) di Kabupaten Purworejo. Para mahasiswa yang berasal dari tujuh fakultas di UII itu akan diterjunkan di berbagai desa di Kabupaten Purworejo.

    Penerimaan mahasiswa KKN UII semester ganjil tersebut dihadiri langsung Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, Rektor UII Ir Harsoyo MSc, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sumharjono SSos MM, Plt Kabag Humas Setda Purworejo Agung Wibowo AP, dan sejumlah Camat Kabupaten Purworejo, di Pendopo Kabupaten Purworejo, kemarin.
    Bupati Purworejo dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Dosen Pembimbing Lapangan serta para mahasiswa, yang akan turut andil dalam kegiatan pembangunan di Kabupaten Purworejo melalui program KKN.
    Menurut Bupati, KKN yang dilaksanakan oleh para mahasiswa ini merupakan perwujudan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat. Melalui kegiatan ini, diharapkan para mahasiswa akan benar-benar mampu memahami realitas persoalan yang ada di masyarakat, sekaligus memberikan sumbangsih pemikiran untuk memecahkan berbagai persoalan tersebut.
    "Diharapkan para mahasiswa nantinya dapat membantu upaya-upaya pemerintah daerah dan masyarakat Purworejo, dalam mewujudkan pembangunan didaerah dalam kerangka Otonomi Daerah. Antara lain dengan memberikan kontribusi-kontribusi pemikiran yang positif bagi penciptaan peluang usaha dalam upaya peningkatan kualitas dan taraf hidup masyarakat," katanya.
    Selain itu, lanjut Bupati, para mahasiswa diharapkan turut memberikan andil dalam pengembangan sumberdaya manusia, pemanfaatan sumberdaya alam bahkan pengenalan terhadap berbagai kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat desa. Demi terwujudnya masyarakat yang sejahtera, berdaya dan mampu berperan aktif dalam proses pembangunan. "Kita berharap akan ada pencerahan-pencerahan yang dibawa oleh mahasiswa ke dalam lingkungan masyarakat, sehingga pada akhirnya berbagai inovasi dapat dikembangkan dalam upaya peningkatan taraf kehidupan masyarakat," pungkasnya.
    Sementara itu, Rektor UII, Ir Harsoyo MSc menjelaskan, seluruh mahasiswa yang berjumlah 672 berasal dari tujuh fakultas. Yakni, Fakultas Tehnik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum , Fakultas Topologi Ilmu Sosial dan Budaya, dan Fakultas Ilmu Agama Islam serta Fakultas MIPA. Ia berharap, para mahasiswa nantinya dapat menyesuaikan dengan program yang ada di Kabupaten Purworejo.
    "Yang paling banyak mahasiswanya dari Kyai, sehingga untuk pembinaan kerohanian akan menjadi satu kesempatan yang baik. Setiap kelompok akan ada dari mahasiswa Kyai," katanya.

    Harsoyo menambahkan, dalam membanguan Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah, paling tidak harus memiliki tiga aspek, yaitu terpenuhi taraf kesejahteraan, maju pendidikannya serta kuat moral dan agama. Untuk mencapai ketiga hal tersebut, tentunya diperlukan komitmen dan kerja nyata dari segenap pimpinan yang ada di Kabupaten Purworejo.

    "Untuk itu kami melihat kerjasama antara UII dan Pemkab Purworejo merupakan langkah yang tepat untuk membangun bersama dan bersinergi  dibidang pembangunan SDM ataupun dalam bidang penelitian lain, dan juga didalam pengabdian masyarakat dalam rangka melibatkan UII dalam ikut membangun masyarakat di Kabupaten Purworejo melalui KKN ini," ujar Harsoyo. (ndi)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top