• Berita Terkini

    Sunday, January 15, 2017

    SD Kalijirek Gelar Mujahadah Rutin

    Saefur/ekspres 
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Jangan kaget ketika mendengar indahnya Lantunan Tahlil dan Asmaul Husna di SD Negeri 1 Kalijirek tiap hari Jumat. Sebab, mujahadah menjadi agenda rutin bagi sekolah yang dipimpin oleh Hj Umidah SAg tersebut. Tiap hari Jumat pagi sebelum jam pelajaran dimulai, seluruh siswa duduk bersila melantunkan tahlil dan asmaul husna untuk meningkatkan ketakwaan dan memperkaya ilmu Agama Islam.

    Seperti terlihat saat Ekspres mengunjungi sekolah tersebut, Jumat (13/1/2016). Para siswa mulai dari kelas I hingga kelas VI terlihat antusias mengikuti mujahadah yang digelar di halaman sekolah setempat. Begitu pula guru dan karyawan sekolah lainnya. Nampak Kepala Sekolah Hj Umidah SAg memimpin langsung kegiatan mujahadah.

    Melalui mujahadah ini diharapkan dapat menumbuhkembangkan akhlakul kharimah bagi para siswa hingga menjadi bekal di kehidupan mendatang.

    Kepsek Hj Umidah SAg mengatakan kegiatan tersebut bertujuan sebagai pembentukan karakter dan budi pekerti yang luhur seta pembiasaan diri sejak dini dengan memperkaya ilmu agama. "Ini merupakan wujud pembelajaran keagamaan yang secara langsung, dan pembentukan karakter serta pembiasaan diri sebagai bekal di kehidupan bermasyarakat Islam," ucap dia kepada Ekspres usai memimpin mujahadah.

    Lantunan Tahlil dan Asmaul Husna terdengar indah ketika diucapkan secara kompak oleh para siswa yang berjumlah 90 siswa tersebut. Dari 99 Asmaul Husna para siswa dengan mudah mengucapkanya tanpa melihat catatan. "Mereka udah hafal karena setiap hari Jumat kita membacanya," tambah Umidah.

    Umidah juga mengatakan sebagai orang islam wajib ihtiar salah satunya dengan doa dan mujahadah yang menjadi dasar kekuatan hingga bekal hidup di dunia dan akhirat. "Kita tanamkan proses ihtiar dengan berusaha dan berdoa sehinga akan menjadi kemudahan dikehidupan masyarakat," tutup Umidah.

    Ahmad (9) salah satu siswa SD N 1 Kalijirek merasa sengan mengikuti Mujahadah, ia senang mengafalkan Asmaul Husna. "Ia senang bisa baca Asmaul Husna bareng bareng jadi rame," katanya bersama siswa lainya di ruang kelas. (saefur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top