• Berita Terkini

    Thursday, January 26, 2017

    Sambut Presiden, Pembangunan Kios Pasar Klewer Dikebut

    SOLO – Sesuai janjinya, pelaksana proyek Pasar Klewer PT Adhi Karya harus merampungkan pembangunan hari ini. Apalagi, dua hari lagi atau Minggu (29/1), Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal meninjau pasar sandang yang terbakar dua tahun silam itu.

    Rencana presiden untuk datang ke Pasar Klewer itu disampikan Wakil Wali Kota Surakarta Achmad Purnomo. “Akhir pekan ini Presiden Jokowi akan ke Solo dan Boyolali. Salah satu kegiatan intern beliau adalah mengunjungi Pasar Klewer yang sekarang sudah selesai dibangun,” tutur Purnomo kepada wartawan kemarin (26/1).

    Ditemui di tempat sama, Kepala Dinas Perdagangan Surakarta Subagiyo menjelaskan, proyek Pasar Klewer saat ini sudah mencapai 99 persen. Namun, masih ada sejumlah pekerjaan yang harus segera diselesaikan, termasuk pembuatan  delapan kios di bekas crane. Kemarin crane yang berada di tengah bangunan pasar itu sudah mulai dilepas secara bertahap.

    “Kami diminta mempersiapkan kehadiran beliau (presiden). Tadi (kemarin) bersama Inspektorat sudah ke lokasi dan melakukan pengecekan seluruh bagian. Di bekas crane itu harus kami kebut untuk dibangun kios. Ada empat kios di semi basement dan empat kios di lantai satu,” jelas Subagiyo.

    Ia optimistis dalam waktu dua malam pembangunan delapan kios tersebut akan rampung. Sehingga ketika orang nomor satu di Indonesia meninjau lokasi, pembangunan pasar sandang terbesar di Jawa Tengah itu telah sempurna.

    Berdasarkan pengamatan Jawa Pos Radar Solo di lokasi, papan penutup proyek Pasar Klewer sudah mulai dibuka. Masih nampak pekerja mengerjakan pembersihan lantai dan pengecatan sebagian sisi tembok. Menurut jadwal, PT Adhi Karya masih memiliki waktu sampai Senin (30/1). Namun karena ada rencana kunjungan presiden, deadline terpaksa dimajukan.

    “Kami kebut, Bandung Bondowoso. Tapi penyerahan dari pelaksana ke pemkot tetap tanggal 31 dan masa perawatan enam bulan sejak penyerahan,” papar Bagiyo.
    Sementara itu ditemui di ruang kerjanya, Wali Kota F.X. Hadi Rudyatmo belum berani berbicara banyak mengenai rencana kehadiran bekas koleganya ke Pasar Klewer.

    Ia hanya mengisyaratkan bahwa proyek Klewer sudah harus selesai sebelum Minggu. Rudy juga ingin jalan lingkungan yang rusak di sekitar Pasar Klewer segera diperbaiki. “Kalau bisa sebelum Minggu ya lebih baik. Kami siap-siap saja kalau mau ditinjau,” kata Rudy.
    Menurut sumber internal pemkot, Jokowi direncanakan datang ke Klewer pada Minggu pagi. Dia tidak akan masuk pasar dan hanya meninjau dari luar dengan waktu kunjungan tak lebih dari 30 menit. (irw/ria)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top