• Berita Terkini

    Sunday, January 22, 2017

    Bupati: Media Jangan hanya Beritakan yang Serem-serem Saja..

    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Bupati Kebumen H Yahya Fuad kembali mengajak insan  pers untuk ikut berperan aktif ikut memajukan pembangunan di kabupaten berslogan Beriman ini.

    Menurut dia, peran media sangat strategis dalam membantu pemerintah untuk mempublikasikan berbagai potensi, inovasi maupun keberhasilan pembangunan kepada
    masyarakat luas.

    Hal tersebut diungkapkan bupati Fuad pada kegiatan penanaman pohon, tabur benih dan dialog di kompleks obwis Jembangan Wisata Asri (JWA) Poncowarno, Minggu (22/1/2017).

    “Kebumen punya berbagai potensi yang patut dikembangkan.Lihat saja di pesisir selatan Kebumen kinitelah terbangun berbagaiobyek wisata alternatif yangsangat layak dikembangkan.Belum lagi potensi kerajinan,kuliner dan lainnya,”beber bupati.

    Disinilah, ujar bupati, peran media dibutuhkan agarberbagai potensi itu bisaterekspose dan diketahuimasyarakat luas. Dampaknyaadalah terangkatnya kesejahteraan masyarakat.

    Disisi lain, bupati juga menegaskan tidak alergi dengan pemberitaan operasi tangkap tangan (OTT) KPK yang kerap menghiasi headline media massa.  Menurutnya, berita semacam ini juga memiliki sisi positif sebab mencegah orang agar tidak berbuat salah.

    “Namun sebaiknya,pemberitaan yang berkaitandengan hal “menakut-nakuti”diharapkan juga diiringi dengan pemberitaan potensi dan prestasi serta inovasiyang dilakukan oleh pemerintah daerah. Jadi janganyang ‘serem-serem’ saja yang menjadi fokus media,” ucapnya pada dialog yang dimoderatori oleh Iqbal Fais, jurnalis dari salah satu media televisi nasional.

    Sementara itu, dalam sambutannya Ketua PWI Kebumen Drs Komper Wardopo MPd menyampaikan  tentang empat fungsi pers serta beberapa kegiatan terkait peringatan Hari pers Nasional yang jatuh pada tanggal 9 Februari.

    Adapun fungsi pers meliputi media informasi, edukasi/pendidikan, hiburan/entertainment dan kontrol sosial. “Saat ini kami menebar benih ikan dan menanam
    pohon buah, memasang plang larangan menangkap ikan dengan racun dan setrum serta sarasehan bersama bupati dan jajarannya,”tuturnya, Minggu (22/1).

    Menurutnya penanaman pohon buah bukan tanpa alasan, saat ini banyak sekalipotensi wisata di Kebumen.Namun rata-rata pemberitaan hanya baru pada kondisi
    wisata, padahal potensi lain seperti kuliner dan warung-warung juga perlu untuk dipublikasi untuk lebih memajukan Kebumen. “Tanaman buah nantinya juga akan bermanfaat pada objek wisata,” paparnya.

    Bupati mengamini penebaran benih ikan dan penanaman pohon selaras dengan apa yang dilakukan oleh para awak media yakni, menebar kebaikan dan menanam kebajikan.“Dua hal itu merupakan sebuah ibadah, wartawan juga berdakwah yakni melalui pemberitaan,” terang Yahya Fuad. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top