• Berita Terkini

    Thursday, December 29, 2016

    KPK Tetapkan Tersangka, Kebumen Carnival Tetap Berlangsung Semarak

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Pelaksanaan Kebumen Carnival 2016 yang diselenggarakan Pemkab Kebumen dalam rangkaian Hari Jadi ke-81 Kabupaten Kebumen berlangsung semarak, Kamis (29/12/2016). Meski ditengah terik matahari, para peserta maupun penonton tetap antusias mengikuti jalannya arak-arakan hingga selesai.

    Ribuan warga Kebumen tumpah ruah di sejumlah ruas jalan untuk menyaksikan Kebumen Carnival. Mereka tidak peduli dengan panasnya sinar matahari. Begitu pun peserta arak-arakan. Mereka tetap semangat untuk mengikuti acara tersebut. Bahkan, sebagian peserta tidak hanya berjalan, tetapi juga menari-nari di sepanjang rute.

    "Senang, walaupun sedikit agak capek,” ucap Rina, salah seorang peserta dari Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Kebumen.

     Arak-arakan tersebut dimulai dari Alun-alun Kebumen. Setelah itu, peserta menyusuri memutari Alun-alun - Jalan Pahlawan hingga perempatan Toko Pojok. Kemudian Jalan Koloner Sugiyono - perempatan Bakso Urip - Jalan Mayjen Sutoyo dan berakhir di Alun-alun Kebumen.

    Kepala Bagian Perekonomian Setda Kebumen, yang juga panitia acara tersebut, Wahyu Siswanti, mengatakan jumlah peserta Kabumen Carnival tahun ini mencapai 56 peserta. Mereka berasal dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Dewan Kesenian Daerah (DKD), kelompok kesenian, sanggar tari, agency model, sekolah dan masyarakat umum. Dalam karnaval tersebut, peserta menampilkan beragam kreasi batik dengan berbagai berbentuk.

    "Bahan yang digunakan itu merupakan produk lokal Kebumen," tegas Wahyu Siswanti, kepada Kebumen Ekspres, disela-sela acara.

    Berbagai bahan yang digunakan untuk kostum peserta diantaranya, batik Kebumen, anyaman pandan, sabut kelapa, dan produk lokal lainnya. "Jadi melalui acar ini juga kami ingin mengangkat produk-produk asli Kebumen agar lebih dikenal oleh masyarakat luas," paparnya.

    Arak-arakan juga dimeriahkan dengan beragam kesenian. Di antaranya tari tari cepetan. Tak hanya dari Kebumen, ternyata peserta Kebumen Carnival kemarin juga ada yang berasal dari Yogyakarta dan Solo. Masyarakat yang menyaksikan arak-arakan itu merasa puas.

    Acara yang berlangsung sejak pukull 13.30 dan berakhir sekitar pukul 15.30 WIB itu disaksikan langsung oleh Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad dan istri, Wakil Bupati Yazid Mahfudz beserta istri, anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah. Serta pejabat dijajaran Pemkab Kebumen.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top