• Berita Terkini

    Friday, December 30, 2016

    Kebumen Masih Kekurangan 48 Kepala SD

    Tunjangan Kepala Sekolah Hanya Rp 125 Ribu
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebanyak 240 kepala sekolah baru untuk tingkat SD dan SMP di Kabupaten Kebumen dilantik Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad. Pelantikan tersebut berlangsung pada acara pelantikan guru yang diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah di Pendopo Bupati Kebumen, Rabu (28/12/2016).

    Pelantikan tersebut untuk mengisi kekosongan posisi kepala sekoleh yang pensiun sekaligus pergantian kepala sekolah yang sudah selesai menjabat. Selain itu, pelantikan juga memperkaya pemahaman kepala sekolah yang dinilai berprestasi dan berhasil, dipindahkan ke sekolah baru.

    Hadir pada pelantikan itu, Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, Sekda Adi Pandoyo, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kebumen Ahmad Ujang Sugiyono, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Supriyandono, serta sejumlah pejabat lainnya di jajaran Pemkab Kebumen.

    Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kebumen Ahmad Ujang Sugiyono, menjelaskan dari 240 guru PNS yang diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah terdiri dari 90 kepala sekolah baru. Meliputi 86 kepala sekolah dasar dan empat kepala sekolah SMP.

    Selain melantik kepala sekolah baru, kata Ujang, bupati juga melantik 150 kepala sekolah yang mengalami mutasi. Yakni sebanyak 147 kepala sekolah SD dan 3 kepala sekolah SMP.

    "Mereka yang dilantik merupakan hasil seleksi dan telah mengikuti diklat," kata Ahmad Ujang Sugiyono, kepada Kebumen Ekspres, usai acara pelantikan.

    Lebih jauh, Ujang, mengungkapkan rekruitmen kepala sekolah SD tidak diminati. Pasalnya, hingga kemarin masih ada 48 SD yang masih belum memiliki kepala sekolah. "Karena memang yang mendaftar dengan jumlah lowongannya lebih banyak lowongannya," ungkapnya.

    Pihaknya akan membuka pendaftaran calon kepala sekolah kembali pada Februari mendatang. Minimnya minat guru untuk mendaftar menjadi kepala sekolah diduga karena tunjangan jabatan yang sangat kecil. Untuk kepala sekolah SD hanya menerima tunjangan sebesar Rp 125 ribu per bulan. Sedangkan tanggungjawabnya sangat besar.

    Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad, mengatakan pihaknya akan meningkatkan tunjangan jabatan kepala sekolah. Hal dikatakan bupati mengingat tunjangan kepala sekolah saat ini masih sangat rendah. Yakni Rp 125 ribu untuk kepala sekolah SD dan Rp 175 ribu untuk kepala sekolah SMP..

    "Mudah-mudahan dapat dinaikan menjadi minimal tiga kali lipatnya untuk SD dan dua kali lipatnya untuk SMP," kata Yahya Fuad, saat menyampaikan sambutannya.

    Yahya Fuad, berjanji akan menaikan tunjangan tersebut pada Perubahan APBD 2017 mendatang. "Kita akan anggarkan pada perubahan ke depan," ujarnya.

    Meski tunjangan jabatan sangat kecil, namun bupati meminta kepala sekolah harus menjalankan tugasnya tidak setengah hati. Selain itu, juga dalam menjalankan tugasnya tidak hanya menjalankan rutinitas saja.

    "Harus diniati ibadah. Jangan terjebak pada rutinitas belaka, tetapi sebagai kepala sekolah dituntut harus membawa perubahan dengan melakukan berbagai inovasi," pintanya.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top