• Berita Terkini

    Thursday, November 17, 2016

    SMP 1 Gelar Pilketos Ala Pilkada

    istimewa

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Menjelang akhir masa tugas Ketua OSIS, SMP Negeri 1 Kebumen menggelar Pemilihan Ketua OSIS (Pilketos), belum lama ini. Untuk pertama kalinya, SMP Negeri 1 Kebumen Pemilihan Ketua OSIS mirip seperti Pemilihan Umum (Pemilu).

    Seluruh warga SMP Negeri 1 Kebumen (SPENZA) mulai dari para siswa, guru, karyawan, hingga penjual jajanan di kantin sekolah. "Kegiatan ini dilaksanakan untuk menentukan Ketua OSIS, yang terdiri dari ketua umum, ketua satu, dan ketua dua," kata Ketua Panitia Pilketos SMP Negeri 1 Kebumen, Amanda Retma Amaria.

    Dia menjelaskan, tujuan utama dari kegiatan ini untuk mengenalkan kegiatan berdemokrasi kepada siswa-siswi SMPN 1 Kebumen. Pada Pilketos tersebut, terdapat tiga kandidat Ketua OSIS yang memperebutkan jabatan Ketua OSIS. Yaitu M Daffa Panji Perdana dari kelas 8A, Risma Aprilia dari kelas 8E, dan Bangun Fariqoh S dari kelas 8G.

    Rangkaian kegiatan pemilihan Ketua OSIS dimulai dari pembagian nomor urut untuk ketiga calon. Adapun nomor urut dari ketiga calon dimaksud, yaitu nomor urut 1 M Daffa Panji Perdana dari kelas 8A. Selanjutnya, nomor urut 2 Risma Aprilia dari kelas 8E, dan nomor urut 3 Bangun Fariqoh S dari kelas 8G.

    "Sehari sebelumnya dilakukan orasi penyampaian visi, misi, dan program kerja dari ketiga calon," ujarnya.

    Pada acara tersebut, kata dia, juga diadakan tanya jawab dari siswa dan guru kepada ketiga calon. Ketiga calon pun saling adu program kerja dan solusi dari setiap pertanyaan yang disampaikan siswa dan guru.

    Pada hari berikutnya dilaksanakan pemilihan ketua OSIS yang digelar halaman SMPN 1 Kebumen. Pemilihan kali ini dilaksanakan seperti pemilu esungguhnya dan memilihnya pun dengan cara mencoblos surat suara.

    Pantauan koran ini, pemilihan berlangsung dengan lancar tanpa sesuatu yang berarti. Mikhael Pandya Dewanata, salah satu siswa kelas 8A, mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat untuk melatih dan mengenalkan kegiatan berdemokrasi. Selain itu kegiatan tersebut juga didukung dan dipantau langsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Kebumen.

    Sementara itu, usai pemilihan langsung dilakukan penghitungan suara oleh panitia yang disaksikan seluruh siswa dan warga sekolah. Setelah melalui rekapitulasi M Daffa Panji Perdana, sebagai ketua umum dengan memperoleh 684 suara. Kemudian Risma Aprilia, sebagai ketua satu dengan perolehan suara 62 suara,dan  Bangun Fariqoh sebagai ketua dua dengan perolehan 51 suara. Sedangkan jumlah surat suara yang dinyatakan tidak sah sebanyak 16 suara.

    Tak hanya itu, untuk memeriahkan acara tersebut juga digelar kontes foto dengan cara memposting foto setelah mencoblos di akun Instagram dengan menandai Instagram SMPN 1 Kebumen (@smpn1kbumen) disertai hashtag #ayopilihdia #spenzaberdemokrasi #tentukanpilihanmu. Bagi yang beruntung maka foto akan di Repost di Instagram @smpn1kbumen.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top