• Berita Terkini

    Friday, November 4, 2016

    SD Muhammadiyah Kutoarjo Melaju Provinsi

    PURWOREJO - Tim Jumbara SD Muhammadiyah Kutoarjo berhasil memborong kejuaraan pada kategori PMR Mula dalam ajang Jumpa Bhakti Gembira (Jumbara) IV PMR yang diselenggarakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Purworejo. Atas prestasi itu peserta berhak melaju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah di Kabupaten Pati pada tahun 2017 mendatang.

    Suprayitno, Kepala SD Muhammadiyah Kutoarjo, mengaku bangga dengan prestasi para siswanya. Pada kelima kategori yang dilombakan, tim SD Muhammadiyah Kutoarjo mendapatkan nomor kejuaraan, membawa pulang piala kejuaraan 1 dan berhak maju ke tingkat provinsi.

    "Alhamdulillah, bisa mendapatkan kejuaraan pada 5 kategori yang dilombakan. Dari ke-10 peserta tim salah satunya Ananda Lydia Gifa Fiesta siswa Kelas IV yang pada kesempatan sebelumnya telah mewakili Jawa Tengah pada Jumbara Nasional di Makassar bulan Juli lalu serta mendapatkan juara pertama. Mudah-mudahan dapat meraih ke jenjang yang lebih tinggi," ungkapnya, kemarin.

    Supangkat, Kepala Markas PMI Purworejo, menjelaskan, selain untuk meningkatkan karakter kepalangmerahan bagi PMR, kegiatan Jumbara juga bertujuan untuk mempersiapkan regu yang akan mewakili Kabupaten Purworejo dalam Jumbara tingkat provinsi di Kabupaten Pati pada tahun 2017 mendatang.

    "PMR Mula itu anak-anak SD, mereka baru pertama kali ini mengikuti Jumbara, ada 5 regu, SMP (Madya) 29 regu dan SMA (Wira) 21 regu. Acara ini dilombakan, nantinya yang terbaik akan kita kirim ke Jumbara tingkat provinsi," jelasnya.

    Jumbara sendiri, lanjutnya, diikuti sebanyak 55 regu PMR se-Kabupaten Purworejo terbagi atas tiga kelompok, yakni PMR Mula, Madya dan Wira. ambil bagian pada event 4 tahunan PMI itu. Beragam kegiatan seperti, lomba defile, lomba paket siaga bencana, kampanye ke PMR-an, jalan sehat, aksi pembina PMR serta aksi PMR anak-anak berlangsung menggembirakan. Untuk kegiatan kampanye ke PMR-an, masing-masing regu diperbolehkan memilih salah satu materi kampanye dari 7 materi yang telah ditentukan panitia.

    "Materi dalam Jumbara antara lain meliputi kepalangmerahan, ayo siaga bencana, ayo donor darah, remaja sehat peduli sesama, pertolongan pertama, remaja sehat dan kepemimpinan," tandasnya. (ndi)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top