• Berita Terkini

    Sunday, November 27, 2016

    Puluhan Perahu Hias Ramaikan Pembukaan Festival Lukulo

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Sebanyak 36 perahu meramaikan lomba perahu hias di muara Sungai Lukulo, Minggu (27/11/2016). Kegiatan dalam rangka meramaikan pembukaan Festival Lukulo 2016 itu pun berlangsung cukup semarak.

    Seluruh peserta, mengambil star dari dari Desa Jogosimo, Kecamatan Klirong. Para peserta yang merupakan nelayan setempat menyusuri Sungai Lukulo hingga Desa Ambalkumolo, Kecamatan Buluspesantren.

    Kegiatan yang baru pertama kali digelar di Sungai Lukulo itu pun menjadi perhatian warga. Ratusan warga tampak antusias menyaksikan perahu-perahu yang melintasi desa mereka dari pinggiran sungai.  

    Tak haya lomba perahu hias, pada hari pertama Festival Lukulo juga digelar berbagai kegiatan di sejumlah tempar berbeda. Yaitu parade batik, festival kentongan, festival kesenian rakyat, di Desa Ambalkumolo, Kecamatan Buluspesantren.

    Kemudian, festival rebana di Desa Maduretno, Kecamatan Buluspesantren, lomba foto dan gowes dari Alun-alun Kebumen dan finish di Desa Ambalkumolo, Kecamatan Buluspesantren.

    Sebanyak 18 kegiatan diselenggarakan dalam rangkaian festival yang akan hingga 25 Desember mendatang. Namun, sejumlah kegiatan itu tidak dilaksanakan di satu tempat, melainkan tersebar di enam desa berbeda. Berbagai acara yang akan digelar antara lain, lomba perahu hias di Sungai Lukulo Desa Jogosimo dan Ambalkumolo, Festival Kesenian Rakyat di Desa Ambalkumolo, Desa Tanggulangin.

    Kemudian festival produk pertanian dan peternakan, kuliner nusantara, lomba memancing, dayung perahu naga, rally wisata Jeep, wisata sepeda XC Fun hingga fun bike wisata. Selain itu dilaksanakan festival geguritan, tari dolanan anak, fetival dalang.
    Asisten I Sekda, Mahmud Fauzi, menyampaikan festival ini menyasar tidak hanya wisatawan lokal Kebumen, melainkan wisatawan regional untuk datang ke Kebumen. Targetnya 50 persen pengunjung merupakan wisawatan luar daerah.

    Selain untuk menggali potensi wisata di sekitar Sungai Lukulo, imbuh Mahmud Fauzi kegiatan ini untuk mendorong pertumbuhan sektor jasa. Sehingga masyarakat tidak hanya bertumpu pada sektor pertanian saja.

    "Harapannya, masyarakat juga menangkap peluang ini, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," imbuhnya.

    Adapun jadwal berbagai kegiatan pada Festival Lukulo, yakni festival kesenian rakyat (27/11), lomba perahu hias (27/11), lomba fotografi (26/11-25/12), festival rebana (27/11). Selanjutnya, festival geguritan/macapat (1/12), festival tari dolanan anak (2/12), festival dalang dan festival kesenian rakyat (3/12).

    Kemudian, festival produk pertanian dan peternakan (4/12), festival kuliner nusantara (4/12), lomba mancing (4/12). Festival kuda lumping (4/12), lomba dayung perahu naga (10-11/12), rally Jeep (11/12), wisata sepeda XC Fun ( 18/12) dan fun bike wisata (25/12).(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top