• Berita Terkini

    Friday, November 11, 2016

    Populerkan Wisata Melalui Saka Bhayangkara

    Aiptu WAKIMAN FOR EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Polsek Kebumen berkomitmen untuk mempopulerkan beberapa tempat yang mempunyai potensi wisata di Kebumen. Ini dilaksanakan salah satunya dengan mengajak para anggota Satuan Karya Pramuka (Saka) Bhayangkara Pangkalan Polsek Kebumen mengunjungi tempat-tempat tersebut.

    Dalam beberapa pelatihan, oleh polsek Kebumen, para anggota Saka Bhayangkara  diajak untuk melihat daerah-daerah yang mempunyai potensi wisata. Adapun beberapa tempat yang telah dikunjungi diantaranya Goa Silodong, Goa Kempul dan Goa Langse. Meski berbeda tempat namun ketiga goa tersebut berada di Desa Langse Kecamatan Karangsambung. “Di sini para anggota Saka Bhayangkara Pangkalan Polsek Kebumen dapat mengimplementasikan Dasa Dharma Pramuka yakni “Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia,” tutur Kapolsek Kebumen AKP Yohanes Hari Pracoyo SH, Kamis (10/11).

    Dalam Saka Bhayangkara memang tidak terdapat Krida Wisata. Krida Wisata terdapat pada Saka Bahari, yakni Krida Wisata Bahari. Kendati demikian tidak ada salahnya jika Saka Bhayangkara turut serta mempopulerkan tempat-tempat wisata. Terlebih potensi wisata tidak hanya berada di kawasan pantai saja. Daerah pegunungan juga berpotensi besar untuk dijadikan kawasan wisata. “Ya jangan hanya pantai yang digarap wisatanya, daerah pegunungan juga penting untuk digarap,” terangnya didampingi Kanit Bimas Ipda Suprayitno SH yang juga merupakan pembina Saka Bhayangkara itu.

    Menurut Yohanes, para anggota Saka Bhayangkara merupakan pemuda atau pun pemudi yang kelak akan menggantikan para generasi tua. Itu sudah menjadi hukum alam, bahwa kaum muda akan menggantikan para generasi sebelumnya, termasuk diantaranya dalam estafet kepemimpinan.

    Tantangan masa yang akan datang lanjutnya, juga berbeda dengan masa kini. Dalam era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)  ini, masyarakat Indonesia dituntut untuk mampu  bersaing dengan masyarakat di negara-negara se Asean. “Lalu apakah kita akan bersaing dalam hal produksi industri. Menurut saya yang paling tepat dalam MEA ini, adalah mengembangkan setiap tempat yang mempunyai potensi wisata,” paparnya.

    Kondisi alam Kebumen, sebenarnya sangat luar biasa, jika dikelola dengan baik maka wisatawan manca negara dan wisatawan nusantara (Wisman dan  Wisnu) dapat berbondong-bondong untuk datang ke Kebumen. “Maka dari itu jangan sampai kondisinya rusak, baik itu oleh eksploitasi maupun vandalisme. Saya  berharap Saka Bhayangkara mampu menjaga dan mempopulerkan wisata Kebumen. Di wilayah Kecamatan Kebumen sendiri terdapat sebuah goa, saya sedang mencari informasi tersebut,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top