• Berita Terkini

    Monday, November 21, 2016

    Konsumsi Ikan di Kebumen Masih Rendah

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Tingkat konsumsi ikan masyarakat Kabupaten Kebumen masih tergolong sangat rendah. Padahal potensi perikanan di Kebumen cukup tinggi karena memiliki pantai sepanjang 57,5 kilometer. Tak hanya itu, juga memiliki perairan umum seperti sungai, waduk, rawa dan genangan seluas 2.374 hektar.

    Ironisnya, tingkat konsumsi ikan masyarakat Kebumen masih rendah dibawah masyarakat kabupaten tetangga yang tidak memiliki pantai. Seperti Banjarnegara, yang telah mencapai sekitar 16 kilogram per kapita per tahun. Banyumas dengan 13,68 kilogram per kapita per tahun, Kabupaten Magelang 14,59 kilogram per kapita per tahun dan Cilacap yang mencapai 18 kilogram per kapita per tahun. Sedangkan, konsumsi ikan di Kabupaten Kebumen baru 13,65 kilogram per kapita per tahun.

    Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kebumen, La Ode Haslan, mengatakan ada peningkatan konsumsi ikan masyarakat dari 12,28 kilogram per kapita per tahun pada 2014, menjadi 13,65 kilogram per kapita per tahun pada 2015. Namun kenaikan tersebut masih jauh berada dibawah angka konsumsi Provinsi Jawa Tengah yang mencapai 20,92 kilogram per kapita per tahun.

    "Jawa Tengah sendiri peringkat paling terakhir di Indonesia. Angka konsumsi ikan nasional sudah mencapai 38,65 kilogram per kapita per tahun," kata La Ode, pada acara peringatan Hari Ikan Nasional ke-3 tingkat Kabupaten Kebumen, di Alun-alun Kebumen, Senin (21/11).

    La Ode mengungkapkan, produksi perikanan di Kabupaten Kebumen pada 2015 mencapai 9.636.791 kilogram. Dengan rincian perikanan tangkap mencapai 7.628.060 kilogram dan perikanan budidaya mencapai 2.008.731 kilogram.

    Namun, produksi ikan yang tinggi tidak berbanding lurus dengan tingkat konsumsi ikan di masyarakat."Salah satu dampak kurangnya konsums ikan adalah fenomena stunting. Yaitu anak yang bertubuh pendek dan kurang gizi," ujarnya.

    Dalam rangka mendorong masyarakat untuk gemar makan ikan setiap hari, pada 2016 pihaknya menyelenggarakan kegiatan sosialisasi gerakan masyarakat makan ikan (Sigemi) sebanyak lima kali. Yaitu di Kecamatan Sadang, Sempor, Karangsambung, Karanggayam, dan terakhir di Alun-alun Kebumen.

    Pada rangkaian peringatan Hari Ikan Nasional ke-3 itu juga digelar lomba masak ikan bagi ibu-ibu PKK Kecamatan, pameran produk olahan ikan hingga memamakan makanan olahan ikan bersama.

    Hadir pada acara tersebut, Asisten Sekda Dyah Woro Palupi, Asisten Sekda Mahfud Fauzi, Kepala Dinas Kesehatan Y Rini Kristiani dan sejumlah pejabat lainnya di jajaran Pemkab Kebumen.(ori)  

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top