• Berita Terkini

    Monday, November 7, 2016

    Bukit Wanalela Argopeni Jadi Tempat Wisata

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN  (kebumenekspres.com)– Setelah berhasil merintis Hutan Mangrove di Kawasan Pantai Logending, Kelompok Peduli Lingkungan Pantai Selatan (KPL Pansela) merintis obyek wisata baru. Kali ini, Bukit Wanalela yang berada di Desa Argopeni, Kecamatan Ayah, disulap menjadi destinasi wisata.

    Pegiat Pansela, Agus Saptanudin, mengatakan Bukit Wanalela yang berlokasi tak jauh dari Pantai Logending, saat ini mulai dipoles. Lokasi ini menawarkan panorama alam dan landscape pantai selatan dari ketinggian.

    Salah satunya dengan dibangun dua gardu pandang yang memanfaatkan pohon yang tumbuh di area hutan yang dikelola Perhutani tersebut. "Saat ini Alhamdulillah mulai ramai dikunjungi wisatawan. Khususnya di akhir pekan," tutur Agus Saptanudin, kepada Kebumen Ekspres, Minggu (6/11).

    Lokasi objek wisata ini memang sangat strategis, karena berada di tepi jalan antara Pantai Pedalen, Desa Argopeni dan Pantai Logending. Tanpa gardu pandang, lokasi ini sebenarnya sudah sangat bagus untuk menikmati pantai selatan.

    Ditambah dengan dibangunnya gardu pandang, lokasi ini nyaris sempurna untuk menikmati keindahan laut selatan dari atas ketinggian. Dari lokasi ini terlihat Semudera Indonesia, Pantai Logending, Pantai Jetis Cilacap, termasuk aliran Sungai Bodo yang bermuara di Pantai Logending.

    Hijaunya hutan mangrove dan perahu-perahu di Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Logending juga terlihat jelas. Pemandangan nelayan yang akan melaut maupun pulang terlihat menerjang besarnya ombak pantai selatan. Dalam mengembangkan objek wisata itu, warga mendesain Bukit Wanalela secantik mungkin.

    Salah satunya dengan membuat gardu pandang menggunakan papan berbentuk anak panah. Tak hanya digunakan untuk menikmati pemandangan alam, pengunjung juga memanfaatkan lokasi tersebut untuk berswafoto.

    Lokasi paling sempurna untuk menikmati suasana pantai dari ketiggian itu adalah pada pagi dan sore hari. Pada pagi hari suasananya cukup indah, bukit Wanalela diselimuti kabut selayaknya berada di pegunungan. Sedangkan pada sore hari, saat cuaca cerah pengunjung dapat menyaksikan keindahan matahari tenggelam di garis cakrawala.
    Sebenarnya, pengembangan wisata Bukit Wanalela baru dikerjakan. Sehingga desain yang dikemas belum terlalu sempurna. Meski demikian, wisata Bukit Wanalela sudah mulai ramai didatangi pengunjung lokal Kebumen, khususnya pada hari libur.

    Dia berharap, dengan dikembangkannya wisata Bukit Wanalela, dapat menambah destinasi wisata di kawasan Pantai Ayah. Selain itu, keberadaan wisata baru ini juga dapat meningkatkan ekonomi warga sekitar.(ori)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top