• Berita Terkini

    Jumat, 18 November 2016

    Awas Penyebar Hoax Diancam 6 Tahun Penjara

    TRIYONO/RADARPEKALONGAN
    PEKALONGAN - Ini peringatan bagai masyarakat agar tidak membuat kabar bohong (hoax). Pasalnya, kegiatan tersebut bisa dipidana penjara enam tahun dan denda Rp 1 miliar.

    Hal itu terungkap dalam Penyuluhan hukum kepada para siswa-siswi SMP NU Karangdadap, Kamis (17/11).

    Menurut Kasi Humas Polsek Karangdadap Aiptu Agus Alamin, pelaku penyebar hoax bisa terancam pasal 28 ayat 1 dalam Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

    Dijelaskan, dalam pasal UU ITE ini disebutkan, setiap orang yang dengan sengaja dan atau tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan, ancamannya bisa terkena pidana maksimal enam tahun dan denda maksimal Rp 1 miliar.

    "Jadi mulai sekarang, setiap orang harus berhati-hati dalam menyebarkan pesan berantai lewat perangkat elektronik. Sekarang banyak SMS, maupun email, hoax yang berseliweran," terangnya.

    Adapun yang mem-forward, disadari atau tidak, juga bisa kena karena dianggap turut mendistribusikan kabar bohong. Kalau mendapat pesan berantai yang sekiranya hoax, jangan sembarang di-forward.

    "Untuk itu apabila mendapat pesan hoax harus dilaporkan ke pihak berwajib karena sudah masuk dalam delik hukum," katanya.

    Setelah laporan diproses oleh pihak kepolisian, baru kemudian polisi bisa melakukan penyidikan dengan bekerja sama bersama Kominfo dan segenap operator telekomunikasi."Tolong jangan sembarangan mem-forward kabar yang belum tentu benar atau hoax, jangan asal forward lagi, bisa memperkeruh suasana," lanjutnya.

    Diterangkan, peraturan Perundangan di Indonesia mengenai penyebaran kabar bohong, Undang Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Kemudian Pasal 28, (1) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik. (2) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

    Undang Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana, Pasal 14, Barangsiapa, dengan menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong, dengan sengaja menerbitkan keonaran dikalangan rakyat, dihukum dengan hukuman penjara setinggi-tingginya sepuluh tahun. Dan barangsiapa menyiarkan suatu berita atau mengeluarkan pemberitahuan yang dapat menerbitkan keonaran di kalangan rakyat, sedangkan berita atau pemberitahuan itu adalah bohong, dihukum dengan penjara setinggi-tingginya tiga tahun.

    "Selain itu Pasal 15, barangsiapa menyiarkan kabar yang tidak pasti atau kabar yang berkelebihan atau yang tidak lengkap, sedangkan ia mengerti setidak-tidaknya patut dapat menduga bahwa kabar demikian akan atau sudah dapat menerbitkan keonaran di kalangan rakyat, dihukum dengan hukuman penjara setinggi, tingginya dua tahun," imbuhnya. (yon)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top