• Berita Terkini

    Friday, November 25, 2016

    10 Hari Operasi Zebra, 8 Kecelakaan, 2 Meninggal

    fuad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Jumlah pengendara yang mendapat surat tilang selama Operasi Zebra Candi 2016 ternyata cukup banyak. Hingga memasuki hari ke-10 hari pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2016, sedikitnya 1.699 pengendara yang diberi surat tilang oleh jajaran Satlantas Polres Kebumen.

    Dari jumlah tersebut, sekitar 60 persen yang ditilang adalah pengendara sepeda motor. "Pelanggaran memang masih didominasi oleh kendaraan roda dua," ujar Kasatlantas Polres Kebumen AKP Aditya Mulya Ramdhani SIK kepada Ekspres disela-sela kampanye keselamatan berlalu lintas di depan RM Lestari Karanganyar, Jumat (25/11).
    Aditya menuturkan, pelanggaran yang berbuah surat tilang yang dilakukan pengendara berupa tidak memiliki SIM, tidak membawa STNK atau kelengkapan kendaraan.

    Pelanggaran lain adalah melanggar rambu/marka, menerobos lampu merah dan melawan arus. Sedangkan untuk kendaraan roda kebanyakan karena tidak menggunakan sabuk keselamatan.

    Ditambahkannya, Operasi Zebra Candi ini masih akan berlangsung hingga tanggal 29 November mendatang. Operasi ini bertujuan untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran arus lalu-lintas.

    "Selain itu juga untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas, karena kecelakaan biasanya diawali dari pelanggaran. Nah, sasaran operasi ini untuk menurunkan berbagai potensi pelanggaran yang saat ini masih ditemui seperti pelanggaran rambu-rambu lalu-lintas, tidak memakai sabuk keselamatan, melawan arus khususnya kendaraan roda dua dan pelanggaran lain," beber Aditya.

    Sebagai tindak pencegahan terjadinya pelanggaran, lanjut dia, pihak Satlantas Kebumen juga gencar menggelar sosialisasi kampanye keselamatan berlalu lintas. Khusus di Kebumen, tagline yang diambil adalah Saber Lanting, akronim dari Sadar Berlalulintas itu Penting. Saber merujuk pada nama yang tengah populer terkait pemberantasan pungli, sementara Lanting adalah makanan khas Kabupaten Kebumen.

    "Kita mengambil Saber Lanting agar lebih mudah diingat," kata Aditya.

    Karena tagline itu pula, pada setiap kampanye keselamatan berlalu lintas juga dibagi-bagikan lanting kepada pengguna jalan.

    Seperti yang dilakukan di depan RM Lestari Karanganyar kemarin. Mulai dari siswa, anggota klub motor Kebumen dan polisi membagi-bagikan leaflet, souvenir dan lanting kepada pengguna jalan. Selain itu mereka juga membawa berbagai spanduk berisi himbauan keselamatan. Seperti "Jangan ngantuk, jangan tidur, jangan ngebut agar selamat sampai tujuan", Cukup kami yang jadi korban laka lantas, jangan ada lagi" dan himbauan keselamatan berlalu lintas lainnya.
    Tak ketinggalan pocong jadi-jadian yang turut memeriahkan kampanye.

    "Pocong ini selalu kami bawa tiap kampanye keselamatan lalu lintas. Tujuannya agar pengendara jangan mencontoh si pocong yang meninggal karena kecelakaan lalu lintas," tandasnya.

    Pada pelaksanaan Operasi Zebra kali ini juga tercatat delapan kecelakaan dengan korban meninggal dunia 2 orang, luka berat 1 orang, luka ringan 16 orang dan kerugian material mencapai Rp 20,55 juta. (has)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top