• Berita Terkini

    Saturday, October 8, 2016

    Siswa SMPN 1 Alian Belajar Kepemimpinan

    saefur/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Untuk menanamkan jiwa kepemimpinan bagi siswa-siswanya, SMP N 1 Alian menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan atau LDK. Sebanyak 120 siswa mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan sekolah setempat Jalan Pemandian Air Panas Krakal Alian, Kamis-Jumat (6-7 Oktober 2016).

    Para peserta LDK merupakan perwakilan kelas 7, 8 dan anggota OSIS baru. Tak hanya anggota OSIS saja namun perwakilan Ketua kelas dan wakil serta anggota Musyawarah Perwakilan Kela (MPK). Mereka mendapat pendampingan dari pembina OSIS, Guru termasuk Koramil Alian.

    Pembina OSIS SMP N 1 Alian, Nur Wibowo, menyampaikan, LDK bertujuan memberikan pendidikan dasar kepemimpinan bagi para siswa sekaligus sebagai wujud pembelajaran kedisiplinan, tanggung jawab. "Juga menumbuhkan intelektualitas, spiritual, karakter dan cinta terhadap lingkungan sekolah," ujarnya.

    Sementara itu, Kepala Sekolah SMP N 1 Alian, Dra Murilah menambahkan, sejumlah materi diberikan pada kegiatan LDK kemarin. Dari cinta tanah air, mengenal NKRI secara utuh serta mengembangkan jiwa kepemimpinan. Sebagai tujuan akhirnya akan melahirkan kader-kader pemimpin yang tangguh berkarakter, takwa,cinta lingkungan dan patuh kepada orang tua bermanfaat bagi nusa dan bangsa.

    "Setelah mengikuti kegiatan ini, kami harapkan siswa dapat menyelesaikan tugas dalam organisasian di sekolah (OSIS) maupun didalam masyarakat serta menerapkan nilai nilai norma dan adat istiadat baik tata tertib disekolah maupun dalam masyarakat, 'imbuhnya.

    Ketua panitia LDK, Herlinda Pranata Fitri (14) mengatakan, kepanitiaan kegiatan kemarin merupakan program OSIS dengan kepanitiaan terdiri dari anggota OSIS demisioner kelas 9. "Ini juga merupakan salah satu wujud praktek secara langsung dalam pelaksanaan organisasi sehingga masing masing anggota memiliki tugas dan tanggung jawab sendiri. Mereka juga bertanggung jawab melaksanakan tugasnya dengan baik. Juga untuk melatih kedisiplinan, berani mengambil keputusan dan berani berbicara di depan orang banyak," ujar dia.


    Anggi (13) salah satu peserta pelatihan dasar kepemimpinan mengaku sangat senang mengikuti LDK. Apalagi, LDK kali ini melibatkan anggota Koramil yang memberi materi baris berbaris (PBB). "Senang sekali apalagi tadi melihat contoh latihan baris berbaris dari pak tentara (anggota Koramil) yang gerakanya bagus dan tegas juga tegap," katanya. (saefur/cah)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top