• Berita Terkini

    Thursday, October 13, 2016

    Puting Beliung Hantam Purworejo, Puluhan Rumah Rusak

    andi/ekspres
    PURWOREJO-Hujan deras disertai angin puting beliung mengakibatkan puluhan rumah rusak di lima desa di Kecamatan/Kabupaten Purworejo, kemarin (13/10/2016
    ). Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun kerugian diperkirakan mencapai jutaan rupiah.

    Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Kecamatan Purworejo Djat Wibowo menyatakan kerusakan terparah terjadi di Desa Sidorejo dimana sedikitnya 30 rumah terdampak. Empat desa yang lain meliputi Desa Donorati, Wonotulus, Sidomulyo dan Desa Brenggong.

    "Hujan deras turun mulai pukul 14.00, sedang puting beliung mulai terjadi pukul 15.00," ujar Djat.

    Rumah rusak disebabkan tertimpa pohon besar yang ada di sekitar pemukiman. Selain itu, warga Sidorejo terpaksa bermalam tanpa penerangan listrik karena jaringannya turut tertimpa pohon.

    "Empat dusun di Sidorejo semuanya terdampak. Aliran listrik juga tidak berfungsi karena kena pohon," tambahnya.

    Hujan yang reda sekitar pukul 15.30, dimanfaatkan warga untuk melakukan pembersihan. Mereka mendapat bantuan dari Koramil dan Pegawai Kecamatan Purworejo.

    "Sebisa mungkin melakukan pembersihan di lapangan. Tapi karena terbentur waktu, jadi belum bisa maksimal," tambahnya.

    Rencananya, kegiatan akan dilanjutkan hari ini (14/10) dan melibatkan banyak relawan. "Kami sudah melaporkan kejadian ini ke BPBD Purworejo," tegasnya.

    Terpisah, Kabid Kegawatdaruratan dan Logistik BPBD Purworejo Sigit Basuki Ahmad membenarkan di beberapa tempat terjadi puting beliung. "Data masih berkembang di lapangan, kami akan mengupdate segera," ucapSigit. (*)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top