• Berita Terkini

    Friday, October 7, 2016

    Puluhan Siswa MI Nurus Sulaiman Selling Belajar di Kantor Desa

    saefur/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Ada yang berbeda di Kantor Kepala Desa Seliling Kecamatan Alian, Rabu (5/10). Itu setelah puluhan siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurus Sulaiman Seliling "menyerbu" kantor desa yang dipimpin Endo Yuda Raharja tersebut.

    Kedatangan anak-anak itu dalam rangka pembelajaran luar kelas. Kali ini, para siswa diajak mengenal seluk beluk tata pemerintahan desa. Mereka dilayani dan disambut hangat oleh Kepala Desa Seliling, Endo Yuda Raharja. Kepada para siswa itu, Endo Yuda menjelaskan lembaga desa mulai LKMD, BPD, PKK, KPMD, Karangtaruna, dan RT RW Dari lembaga lembaga tersebut para siswa juga dijelaskan struktur organisasi desa mulai dari kepala desa, hingga perangkat.

    Setelah mendapat penjelasan, para siswa juga dipersilakan mengajukan pertanyaan dan dijawab langsung oleh Endo Yuda. Para siswa pun berebut mengajukan pertanyaan.

    Kepala Sekolah MI Nurus Sulaiman, Kusroni,  menyampaikan, kunjungan kemarin diikuti 75 siswa terdiri dari kelas 4 sampai 6. Kegiatan yang merupakan ide dan kesepakatan bersama para guru kelas itu bertujuan memberikan materi praktek kepada para siswanya setelah pelaksanaan Ulangan Tengah Semester (UTS). "Kali ini, siswa diajak mengenal secara langsung pemerintah desa serta  lebih dekat pimpinan pemerintah desa berikut kepala desa. Ke depan, kegiatan semacam ini akan diagendakan di tingkat pemerintahan yang lebih tinggi misalnya kecamatan atau kabupaten," ujar Kusroni yang kemarin didampingi guru pendamping Siti Yatimah (28) dan Awaludin (28).

    Kepala Desa Seliling, Endo Yuda Raharja menyambut baik kegiatan luar kelas seperti yang dilakukan  MI Nurus Sulaiman. Melalui kegiatan tersebut, Endo Yuda berharap anak-anak mengenal sejak dini tata pemerintahan khususnya desa secara langsung. "Selain itu, kegiatan ini diharapkan memotivasi anak-anak untuk meraih cita-citanya di masa mendatang," ujarnya.

    Indah, salah satu siswa mengaku senang dengan kegiatan kemarin. Melalui kegiatan itu, pengetahuannya bertambah tentang seluk beluk pemerintahan desa. Senada dengan Indah, Desi Nurhalisa (11) siswa lain mengaku senang dapat mengetahui syarat-syarat menjadi kepala desa sekaligus berapa tahun masa jabatan kepala desa. (saefur/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top