• Berita Terkini

    Saturday, October 1, 2016

    Pikasis SMK Basasa Kebumen Miniatur Pemilu

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Pelaksanaan pemilihan Ketua OSIS (Pikasis) SMK Batik Sakti 1 (Basasa) Kebumen, sangat mirip dengan proses pemilihan pada Pemilu di Indonesia. Baik dari pendaftaran pemilih, kartu suara, ruang tunggu, bilik pencoblosan, hingga pemberian tinta pada jari usai memilih.

    “Kami berharap ini benar-benar menjadi pembelajaran dalam proses demokrasi. Pelaksanaan sengaja disamakan dengan Pemilu agar anak-anak mempunyai bekal pengetahuan tentang tata cara memilih dalam pelaksanaan Pemilu,” tutur Waka Kesiswaan Basasa Teguh Cahyono di sela-sela memantau pelaksanaan Pilkasis di halaman sekolah tersebut, Kamis (29/9/2016) lalu.

    Terdapat tiga pasangan calon dalam Pilkasis periode 2016-2017 tersebut, yakni nomor urut 1 Mei Hikmah Pujiani dan Novita Ramadani, nomor urut 2 Febi Faliha dan Maya Prabandari, sedangkan pasangan nomor urut tiga yakni Beti Kholifah dan Seruni Putri Wulandari. Para calon ketua dan wakilnya duduk berdampingan berjajar saat proses pelaksanaan pemungutan suara. Terdapat 1.031 siswa pemilih, yang terbagi dalam 27 kelas.

    Teguh Cahyono menyampaikan, para siswa telah berulang kali mendapatkan pelajaran demokrasi pada mata pelajaran PPKn. Proses pelaksanaan Pilkasis merupakan bentuk praktik langsung atas pelajaran itu. Dimana para siswa dapat merasakan step by step pelaksanaan pesta demokrasi.

    Untuk semakin memeriahkan acara, dalam pelaksanaan Pilkasis itu, juga terdapat banyak doorprize. Adapun doorprize tersebut yakni, tas 3 unit, botol air minum 18 unit, Flashdisk 125 unit,  LKS, tempat makan 14 unit dan SPP 12 bulan. Total bilai dorprize mencapai Rp 6 juta. “Setiap siswa yang memilih mendapatkan satu kupon. Itu akan diundi usai pelaksanaan Pilkasis,” paparnya.

    Ketua Panitia Penyelenggara Ade Krisyanta mengatakan, pelaksanaan Pilkasis dilaksanakan mulai awal Bulan September. Dimulai dengan pendaftaran bakal calon kandidat ketua OSIS. Tahap selanjutnya yakni seleksi calon ketua. Waktu kampanye dilaksanakan selama satu minggu. Sebelum pemilihan juga dilaksanakan hari tenang selama dua hari. “Dalam pelaksanaan kali ini, kami juga meminjam peralatan dari KPU,” terangnya yang juga merupakan ketua OSIS demisioner.

    Sementara itu, Kepala SMK Batik Satu Kebumen Drs Sugeng Sucipto mengatakan, semua proses pelaksanaan Pilkasis dapat menjadi sarana pembelajaran bagi para siswa. Para siswa yang sudah mempunyai hak pilih tidak akan canggung lagi saat akan menentukan pilihannya dalam Pemilu. “Sedangkan yang belum mempunyai hak pilih, ini dapat menjadi bekal di kemudian hari,” ucapnya, pada Pilkasis yang dimenangkan pasangan nomor urut 3 Beti Kholifah dan Seruni Putri Wulandari.

    Pasangan nomor urut 1 mendapatkan 370 suara, nomor urut 2 mendapatkan 72 suara dan pasangan nomor urut 3 mendapatkan 397 suara. Dengan demikian maka pasangan Beti Kholifah dan Seruni Putri Wulandari terpilih secara sah menjadi Ketua OSIS Basasa  periode 2016-2017 menggantikan Ade Krisyanta. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top