• Berita Terkini

    Sunday, October 2, 2016

    Pengurus OSIS SMP Negeri 3 Gombong Belajar Kepemimpinan

    ISTIMEWA
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Pandangan mengikuti organisasi dapat  menghambat prestasi akademik memang sudah ada sejak dulu. Namun faktanya tidaklah selalu demikian, jika siswa mampu membagi waktu dengan baik maka berorganisasi justru akan mendukung prestasi akademik.

    Rata –rata pengurus OSIS di SMP Negeri 3 Gombong, nilai prestasinya mampu dipertahankan, bahkan beberapa justru meningkat. Hal ini karena para guru di sekolah tersebut terus memantau perkembangan prestasi anak didiknya. Agar organisasi tidak mengganggu prestasi, dilaksanakanlah kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK).  Ini agar organisasi mampu bersinergi baik, dengan program sekolah.

    LDK yang diikuti oleh 57 siswa, dilaksanakan guna membekali para pengurus OSIS periode 2016-2017. Adapun beberapa materi yang disampaikan dalam LDK yakni, penyusunan program OSIS, kepemimpinan, tata cara upacara, peraturan baris berbaris (PBB), wawasan kebangsaan, tata tertib sekolah dan ibadah. Dalam LDK yang dilaksanakan selama dua hari yakni Jumat-Sabtu (30/9-1/10) itu,  pihak SMP Negeri 3 Gombong bekerja sama dengan Koramil 02/Gombong.

    Waka Kesiswaan SMP Negeri 3 Gombong Rinto SPd mengemukakan, LDK dimaksudkan untuk memberikan bekal dasar kepemimpinan kepada para  pengurus OSIS. Kegiatan tersebut rutin dilaksanakan setiap tahun, setelah pengurus OSIS  baru dilantik. “Diharapkan dengan mengikuti LDK, OSIS dapat bekerja secara maksimal,” tuturnya yang juga menjadi Ketua Panitia Penyelenggara LDK itu.

    Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Gombong Tubari SPd menyampaikan, bekal organisasi sangat penting untuk para siswa, saat terjun ke masyarakat. Kendati penting, berorganisasi tidak boleh menjadi penghalang  untuk meraih prestasi akademik di sekolah.  “Siswa yang aktif di OSIS prestasi akademiknya tidak boleh turun,” katanya.

    Dengan berorganisisasi  para siswa dapat belajar untuk menjadi seorang pemimpin sekaligus siap manakala harus dipimpin. Organisasi juga menuntut para siswa untuk dapat membagi waktu. Manfaat lainya persahabatan antar siswa menjadi lebih erat. Organisasi akan melatih menumbuhkan sikap bermasyarakat. “Dan yang sangat penting dengan berorganisasi para siswa terlatih untuk dapat memecahkan masalah dengan baik dan bijaksana,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top