• Berita Terkini

    Wednesday, October 26, 2016

    Pemuda Karangpule Sosialisasikan Donor Darah Lewat Lomba Mancing

    saefur/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Dalam rangka menyambut Hari Sumpah sekaligus mengedukasi masyarakat untuk berdonor darah, Pemuda Karangtaruna Tunas Persada Desa Karangpule, Kecamatan Sruweng menggelar lomba mancing, baru-baru ini. Kegiatan yang dibarengkan dengan kegiatan donor darah dan santunan anak yatim itupun berlangsung semarak.

    Lomba mancing diikuti tak kurang dari 1000 peserta. Untuk kegiatan ini, panitia menebar  1 kuintal ikal lele di sepanjang saluran irigasi yang menjadi lokasi lomba. Diantara ikan lele yang disebar pada saluran irigasi 200 m dan lebar 3 meter tersebut, terdapat 10 ikan lele berukuran besar diberi dan diberi tanda pita. Bagi yang berhasil menangkap lele tersebut dalam waktu kurang dari 2 jam akan mendapatkan hadiah, meliputi 1 buah smart phone, kias angin serta magicom,
    strika, kaos dan hadiah lainya.

    Ketua panita Mohammad Sofingi (32) menyampaikan, para peserta berbondong-bondong mengikuti lomba. Para peserta ini tak hanya dari Kecamatan Sruweng melainkan dari Kecamatan Pejagoan. Mereka saling adu ketangkasan memancing untuk mendapatkan ikan sebanyak-banyaknya atau ikan yang diberi tanda khusus berupa pita merah putih. "Adapun rangkaian kegiatan ditutup dengan santunan bagi 37 anak yatim dan kaum dhuafa 45 pada Minggu 23 Oktober," ujarnya.

    Kepala Desa Karangpule  Soleh Prayogi didampingi Ketua Karang Taruna Teguh Susanto, menyampaikan pihaknya sengaja menggelar kegiatan mancing gratis sekaligus donor darah di waktu bersamaan. "Mancing ini untuk menarik perhatian masyarakat agar mereka peduli dengan donor darah. Ide ini belajar dari pengalaman  warga Karangpule yang terkena DBD. Saat itu, kebetulan stok darah PMI habis. Melalui kegiatan ini kita mencoba mengedukasi masyarakat untuk saling membantu sesama dengan mendonorkan darahnya," kata  Soleh.

    Camat Sruweng Aris Suliyato menyambut baik adanya kegiatan yang digelar Karang Taruna Desa Karangpule tersebut. Menurutnya, itu menjadi kegiatan positif yang diharapkan akan melahirkan generasi muda yang kreatif dan inovatif.  "Ini kegiatan yang inovatif dalam rangka menggerakan anak anak muda kepada hal-hal yang positif. Sebagai organisasi kepemudaan, Karang Taruna Desa Karangpule telah mendukung program pemerintah dalam pembinaan kepemudaan dengan memberi penyuluhan penyuluhan kepada para pemuda," jelas Aris.
    Eko Purwato salah satu staf UTD PMI Kebumen mengucapkan banyak terima kasih kepada Karangtaruna Desa Karangpule sebagai penyelenggara acara.(saefur/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top