• Berita Terkini

    Monday, October 10, 2016

    Pemkab Purworejo Genjot PAD Melalui Sektor Pariwisata

    PURWOREJO- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo berkomitmen untuk meningkatkan sektor pariwisata demi pertumbuhan ekonomi melalui beragam upaya. Salah satunya dengan menggencarkan promosi potensi wisata dan melakukan inovasi pengelolaan destinasi wisata.

    Kabid Statistik, Litbang dan Pengendalian Bappeda Purworejo, Ir Bambang Jati A MT MA, dalam jumpa pers yang dilaksanakan di Ruang Begelen Setda Purworejo mengungkapkan, tujuh dari visi Bupati Purworejo Agus Bastian telah dituangkan dalam RPJMD 5 tahun, salah satunya mewujudkan Kabupaten Purworejo sebagai daerah tujuan wisata unggulan berbasis budaya.

    "Kebijakan umum pembangunan pertumbuhan ekonomi yang dilakukan yakni dengan pengembangan pariwisata," katanya.

    Dalam RPJMD itu, lanjutnya, Pemkab menargetkan meningkatnya kunjungan wisata sebagai sumber pendapatan asli daerah (PAD), yakni dari 478.176 pengunjung pada tahun 2016 menjadi 1.427.826 pada tahun 2021.

    "Dalam hal ini Dinkoperindagpar perlu melakukan inovasi untuk menarik wisatawan. Tentu juga dengan dukungan seluruh kalangan masyarakat," ungkapnya.

    Sementara itu, Kepala Dinkoperindagpar, Dra Suhartini MM mengungkapkan, Kabupaten Purworejo memiliki banyak potensi wisata dan keragaman budaya yang unik dan tidak kalah dengan daerah lain.
    Baik yang berupa wisata religi, wisata buatan, maupun wisata alam. Karena itu, pihaknya optimis target tersebut dapat tercapai.

    "PAD dari tahun ke tahun terus naik. Untuk target tahun ini kami optimis tercapai, karena hingga saat ini sudah mencapai 98 persen," ungkapnya.

    Dijelaskan, Daya Tarik Wisata (DTW) di Purworejo yang ditangani Pemkab sesuai dengan Perda Nomor 4 tahun 2009 tentang Penetapan Potensi Wisata menjadi Daya Tarik Wisata sebanyak enam lokasi. Masing-masing yakni DTW Pantai Jatimalang Purwodadi, Pantai Keburuhan Ngombol, Kawasan Gegermenjangan Purworejo, Goa Seplawan Kaligesing, Museum Tosan Aji Purworejo, dan Petilasan WR Supratman.

    "Kondisi Potensi Wisata di luar Perda itu pengelolaan dan pemeliharaannya dilaksanakan oleh masyarakat sekitar dan bantuan dari Pemerintah, baik dari APBD I ataupun APBD II," jelasnya.

    Menurut Suhartini, destinasi wisata di Purworejo cukup lengkap dan menyimpan banyak potensi yang dapat digarap. Untuk itu, pihaknya akan berusaha melakukan pengembangan dan inovasi di seluruh objek wisata. Selain itu, Pemkab juga telah menyusun strategi promosi untuk menarik wisatawan.

    "Promosi terus kita lakukan dengan berbagai upaya. Beberapa event bergengsi telah rutin kita gelar untuk menarik wisatawan, misalnya di Pantai Jatimalang ada eksibisi layang-layang," terangnya. (ndi)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top