• Berita Terkini

    Sunday, October 23, 2016

    Narapidana Dikerahkan Bersihkan Taman Makam Pahlawan

    IMAM/EKSPRES
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Untuk pertama kalinya, para narapidana Rutan Kebumen diajak untuk bersih-bersih Taman Makam Pahlawan (TMP) Bumi Wira Bhakti Kebumen.  Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka menyambut HUT ke-76 Dharma Karyadhika tahun 2016 yang jatuh setiap tanggal 30 Oktober.

    Dalam kegiatan bersih-bersih makam tersebut, melibatkan 15 warga binaan dan 76 petugas Rutan Kebumen. Kegiatan dilaksanakan, guna meningkatkan dan menumbuhkan kembali rasa patriotisme para narapida. Selain itu kondisi rumput liar Taman Makam Pahlawan memang sudah waktunya untuk dibersihkan. Usai membersihkan makam, acara kemudian dilanjutkan dengan tabur bunga di tempat peristirahatan terakhir para pejuang bangsa tersebut, Jumat (21/10/2016).

    Kepala Rutan Kebumen Soetopo Berutu Amd IP SSos MSi mengatakan, dengan membersihkan makam pahlawan diharapkan rasa nasionalisme para nara pidana akan kembali meningkat.  Para pahlawan merupakan orang yang telah berjuang untuk merebut dan mempertahankan negeri ini dari para tangan penjajah. “Ini menjadi awal yang baik, para tahanan dapat memahami arti pentingnya perjuangan,” terangnya, yang saat itu juga didampingi oleh Rotua Masdiana Soetopo (istri Kepala Rutan Kebumen).

    Selain itu lanjut Soetopo Berutu, kegiatan yang dilaksanakan diluar Rutan itu, juga dimaksudkan untuk mendekatkan para tahanan kepada masyarakat. Sebab sudah barang tentu, meskipun kini mereka sedang dipenjara, namun akhirnya akan kembali juga kepada masyarakat. “Maka kalau hal itu tidak disiapkan dengan baik, bisa jadi para narapidana belum siap saat kembali kepada masyarakat,” paparnya, sembari menambahkan rangkaian kegiatan menyambut HUT Dharma Karyadhika meliputi jalan santai, donor darah dan memberi santunan kepada anak yatim.

    Bersih-bersih Taman Makam Pahlawan juga mendapat sambutan baik dari Suhari (56) yang tidak lain adalah juru kunci makam tersebut . Menurutnya hingga kini jarang ada pihak  yang peduli dengan kondisi makam pahlawan. Anggaran dana untuk kebersihan makam, juga sama sekali tidak ada. Jika pembersihan dilakukan oleh seorang diri, maka tidak mungkin akan dapat diselesaikan, mengingat area makam pahlawan yang cukup luas. “Sama sekali tidak ada anggaran untuk kebersihan makam, selain itu jarang juga ada pihak yang peduli dengan makam ini, baik itu instansi pemerintah maupun militer,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top