• Berita Terkini

    Tuesday, October 18, 2016

    Meriahnya HUT UPK, dari Jalan Sehat hingga Bagi-bagi Hadiah

    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Perayaan HUT Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Pejagoan ke-17 diharapkan mampu menjadi ajang komunikasi dan kekompakan antar stake holdernya. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam perayaan HUT tersebut, meliputi jalan sehat, potong tumpeng dan bagi-bagi hadiah, Minggu (16/10).

    Potong tumpeng merupakan sebuah warisan budaya masyarakat Jawa. Ini kerap dilaksanakan dalam kegiatan adat,  maupun keagamaan. Tumpeng mempunyai nilai filosofis yang mendalam, seperti rasa syukur atas karunia sang pencipta, kebersamaan. Acara jalan sehat UPK Pejagoan dengan tema “Dengan Kebersamaan Kita Bangun Kekompakan Untuk Kemakmuran,” itu, diikuti oleh sedikitnya 2.500 peserta dengan menempuh jarak 35 kilometer.  Adapun start dan finishnya dilaksanakan di halaman UPK Pejagoan.


    Ketua UPK Pejagoan Titi Ananingsih AMd mengatakan, 17 tahun sudah UPK Pejagoan selalu bermitra dengan masyarakat tepatnya sejak 16 Oktober 1999.  Dalam menjalankan kewajibannya, UPK tidaklah semata-mata mencari keuntungan, melainkan juga melakukan pemberdayaan. Hal inilah yang kerap menimbulkan kesan dana UPK lamban berkembang. “Kami tidak murni memburu profit, tetapi kami juga melakukan pemberdayaan, maka wajar jika dananya terkesan lamban berkembang,” tuturnya kepada Ekspres di sela-sela acara.

    Dijelaskannya, dulu modal awal UPK hanya Rp 33 juta, setiap tahunnya UPK mendapatkan tambahan bantuan modal. Dengan adanya tambahan modal dan hasil perputaran uang kini modal UPK mencapai Rp 5 Miliar dengan anggota simpan pinjam 1.500 jiwa yang terbingkai dalam 220 kelompok simpan pinjam perempuan (SPP). “Masyarakat masih sangat membutuhkan UPK, untuk kepentingan peningkatan perekonomian,” katanya.

    Menurutnya, kemudahan pinjam di UPK adalah tanpa jaminan dan prosesnya cepat, dan bunganya minim. Hal inilah yang membuat masyarakat merasa nyaman bermitra dengan UPK. Pinjaman yang dilaksanakan melalui kelompok SPP juga akan meningkatkan keakraban dan kerukunan masyarakat. “Alasan inilah yang membuat UPK masih digandrungi masyarakat, untuk itu masyarakat masih sangat membutuhkan UPK,” tegasnya.

    Acara perayaan HUT ke 17 tersebut juga dihadiri oleh segenap Muspika Pejagoan. Dalam sambutannya Camat Pejagoan Drs H Wahib Tamam MSi berharap agar ke depan UPK lebih baik, dalam membantu masyarakat. “Saat ini sudah baik, namun ke depan diharapkan lebih baik,” ucapnya, dalam jalan sehat dengan hadiah Kulkas dua pintu, Kulkas satu pintu, TV 21 inci dan hadiah lainnya serta doorprize, total hadiah mencapai 80 unit. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top