• Berita Terkini

    Friday, October 7, 2016

    Kunjungi Kebumen, Mentan Ingin 20 Ribu Sapi Bunting Tahun ini

    sudarno ahmad/ekspres
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Perkembangan sapi PO Kebumen diapresiasi oleh Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, saat melakukan kunjungan kerja bersama Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, di Kelompok Tani Ternak Rukun Maju Makmur Desa Sitiadi, Kecamatan Puring, Jumat (7/10/2016).

    Mentan meyakini keberadaan sapi PO Kebumen dapat mendukung program swasembada sapi. Oleh karena itu, pihaknya meminta peternak sapi di Kebumen tidak membiarkan sapi betina begitu saja. "Saya minta 20 ribu sapi betina sapi PO Kebumen bunting tahun ini," pinta Mentan, kemarin.

    Mentan meyakini jika di Kebumen ada 20 ribu sapi betina bunting, maka target 2 juta sapi betina bunting tahun ini akan tercapai. Sehingga swasembada sapi juga terpenuhi. Untuk mengejar taget tersebut akan dilakukan dengan inseminasi buatan. "Target kita 2 juta sapi betina bunting pada 2016. Pada 2017, tiap tahun kita buntingkan," ujarnya.

    Mentan Amran Sulaiman yakin inseminasi buatan (IB) mampu mempercepat swasembada sapi. Inseminasi buatan atau lebih dikenal dengan kawin suntik adalah salah satu metode untuk membantu peternak meningkatkan hasil produksi. Amran yakin, bila program itu berjalan baik, persoalan ketersediaan sapi akan tercukupi. "Kita kasih semen beku gratis. Termasuk dokter hewan dan ahlinya kita datangkan," tegasnya.

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top