• Berita Terkini

    Monday, October 31, 2016

    KPU Purworejo Launching Galeri Demokrasi

    andi/ekspres
    PURWOREJO- Sebagai upaya meningkatkan kualitas pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo melaunching Galeri Demokrasi, Senin (31/10). Acara launching tersebut dibarengkan dengan penyerahan hadiah lomba menulis menulis artikel, puisi, dan poster KPU.

    Hadir dalam acara itu, Bupati Purworejo yang diwakili Wakil Bupati Yuli Hastuti SH, Ketua KPU Kabupaten Purworejo Drs Dulrokhim, Guru Pendamping, dan segerap siswa SMA/SMK/ sederajad pemenang lomba. Lauching ditandai dengan pemukulan gong yang dilakukan Yuli Hastuti.

    Dalam sambutanya, Ketua KPU Kabupaten Purworejo Drs Dulrokhim mengatakan, Galeri Demokrasi merupakan program Rumah Pemilu dari KPU pusat. Didalamnya memuat konsep pendidikan pemilu yang memanfaatkan media ruang dalam melakukan proyek edukasi kepemiluan kepada masyarakat.

    "Di kabupaten lain namanya berbeda-beda, untuk di Kabupaten Purworejo kami namai Galeri Pemilu. Namun maksud dan tujuanya sama," ucap Durokhim.

    Melalui galeri demokrasi, lanjut Dulrokhim, diharapkan dapat memberikan pemahanan serta pengetahuan tentang pemilu demokrasi. Pemahaman itu dinilai penting untuk menjawab kebutuhan pemilih, utamanya dalam masalah edukasi kepemiluan.

    "Galeri demokrasi sendiri membuat informasi nama-nama pasangan calon, perolehan suara Parpol dalam pemilu. Juga tingkat partispasi pemilih dari pelaksanaan Pemilu di tahun-tahun yang telah lalu," ucapnya.

    Dulrokhim menambahkan, upaya yang dilakukan diharapkan juga dapat membentuk generasi bangsa yang mampu memperjuangkan nilai demokrasi sesuai khitahnya. Selain itu, dapat melahirkan kebijakan bernas yang memihak pada kesejahteraan masyarakat.

    "Muara akhirnya adalah untuk meningkatkan pasrtisipasi pemilih dan pusat informasi kepemiluan. Sasarannya masyarakat umum dari seluruh sekmentasi yang ada didalam masyarakat," tandasnya.

    Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti SH mengatakan, pesta demokrasi merupakan sarana mayarakat menentukan figur pemimpin atau wakil rakyat. Untuk itu kesadaran akan pentingnya pemilu perlu dimiliki agar mampu menghasilkan figur pemimpin yang sesuai.

    "Pemkab akan selalu siap membantu kelancaran pemilu. Kerjasama yang baik antara Pemkab dengan KPU tentunya akan mempermudah terciptanya pemilu yang sukses, sehingga mampu menentukan pemimpin yang bisa memajukan dan mensejahterakan masyarakat," ucapnya.

    Sementara itu, dari penilaian dewan juri, untuk lomba menulis artikel, juara 1 diraih Indri Dwi Kumala Sari siswa SMA N 1 Purworejo dengan judul "Votes Education Bagi Pemilih Pemula", juara 2 Farhan Muammar Allansyah M dari SMK Kesehatan Purworejo judul "Pemilih Berkarakter", juara 3 Indah Widiyarti SMK Kesehatan Purworejo judul "Kebiasaan Yang Terabaikan".

    Selanjutnya, untuk lomba menulis puisi, juara 1 Ramadhani Sri Zilani siswa SMA N 4, judul "Bukalah Matamu Indonesia", juara 2 Anisa Robbi Izati SMKN 1, judul "Satu Suara Sejuta Makna", juara 3 Febriyanti siswi SMK Kesehatan Purworejo judul "Sepucuk Harapan Untuk Negeri".

    Kemudian, untuk lomba membuat poster, juara 1 Ananda Fhylosofian F siswa SMA N 6 Purworejo judul "Berkualitas dan Berbudaya Dalam Memilih Itu Penting", juara 2 Pauline Lidya Laura, SMA N 3 judul "Jangan Pernah Mimpi Indonesia Bebas Korupsi, juara 3 Eko Parmanto siswa SMK Kartini judul "Opo Kudu Dielingke Nek Pemilu Kui Resik". (ndi)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top